BI Maluku Dorong Ekonomi Banda Lewat Pengembangan Desa Wisata

by
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Bambang Pramasudi menyerahkan program sosial Bank Indonesia pengembangan desa wisata kepada penerima bantuan saat pembukaan Pesta Rakyat Banda di depan Istana Mini Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (11/11/2018). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

AMBONKITA.COM-Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku terus mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Banda melalui pengembangan desa wisata. Untuk mendorong peningkatan ekonomi  tersebut, BI Maluku  memberikan bantuan program sosial pengembangan desa wisata di Pulau Banda.

Batuan tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Bambang Pramasudi di sela-sela pembukaan Pesta Rakyat Banda yang berlangsung di Istana Mini Banda Naira Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (11/11/2018) sore. Selain Bambang, bantuan program sosial dari BI Maluku juga diserahkan Ketua PKK Maluku, Ny Retty Assagaff, Asisten III Setda Provinsi Maluku Zulkifli Anwar, Kepala Dinas Pariwisata Maluku Habiba Saimima dan pejabat dari Kementerian Pariwisata.

Bantuan program sosial sarana dan prasana penunjang program desa wisata  yang diserahkan pihak BI Maluku diantaranya  bidang lingkungan, kapal motor pengangkut sampah, sepeda motor roda tiga pengangkut sampah. Bantuan sarana wisata, berupa pengecatan tangga warna warni Desa Lonthoir, delapan unit sepeda wisata, pembangunan tugu Selamat Datang di STKIP Hatta Sjahrir, baliho gambar Banda Naira di uang kertas pecahan Rp1.000, papan peta wisata Banda Naira.

Selain itu, BI Maluku juga memberikan bantuan bidang kebudayaan, bantuan  pemberdayaan ekonomi, berupa  peralatan pengolah produk Pala, dua puluh dua unit meja lapak dan tenda untuk berjualan, bantuan sarana  pendidikan, berupa  sarana Perpustakaan Pojok BI (BI Corner) dan perlengkapan Siaran Radio Kampus STIKP Hatta Sjahrir.

Bambang mengatakan bantuan BI melalui program sosial tersebut dalam rangka mengembangkan  ekonomi yang berkelanjutkan di Kabupaten Maluku Tengah melalui pengembangan desa wisata di Kecamatan Banda. “Bantuan-bantuan BI melalui program sosial BI yang kami serahkan ini  dalam rangka upaya mendorong, mengembangkan ekonomi yang berkelanjutan di Kabupaten Maluku Tengah, kami turut mengembangkan desa wisata di  Pulau Banda,” kata Bambang.

Bambang mengungkapkan bantuan penunjang program  desa wisata melalui kelompok kreatifitas anak Banda bertujuan  untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Kepulauan Banda dan sekitarnya, sehingga membuka kesempatan kerja dan penghasilan yang lebih baik bagi warga Banda. BI melakukan perbaikan fasilitas wisata di Kecamatan Banda yang terletak di beberapa pulau, sehingga dapat memberikan daya tarik bagi wisatawan.

Bambang mengatakan pihaknya memberikan dukungan terhadap aktivitas warga untuk memberikan pelayanan jasa wisata terbaik karena ada pihak yang memperhatikan kondisi obyek wisata Banda. “Bantuan-bantuan  tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan warga melalui usaha turunan dari desa wisata, misalnya usaha makan minum atau kuliner, oleh –oleh lainnya di Kecamatan Banda,” kata Bambang.

Pesta Rakyat Banda 2018 sendiri dibuka Asisten III Setda Provinsi Maluku Zulkifli Anwar. Kegiatan ini digelar untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banda. Berbagai ivent digelar dalam Pesta Rakyat Banda ini, diantaranya Cuci Parigi Pusaka Negeri Lonthoir pada Rabu (14/11/2018). Puluhan ribu orang akan menyaksikan tradisi Cuci Parigi Pusaka yang digelar  sepuluh tahun sekali ini. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *