Dewan Pers Verifikasi Perusahan Pers Anggota AMSI Maluku

by
Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Perusahan Pers, Ratna Komala bersama Sekretariat Dewan Pers melakukan verifikasi lapangan terhadap perusahan pers media online Terasmaluku.com di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Rata Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Kamis (27/9/2018). FOTO : ZULKIFLI ABAS (TERASMALUKU.COM)

AMBONKITA.COM-Dewan Pers melakukan verifikasi lapangan terhadap  Perusahan Pers anggota Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Maluku di Kota Ambon, Kamis (27/9/2018). Perusahan pers yang diverifikasi Dewan Pers  adalah Terasmaluku.com. Verifikasi lapangan dipimpin langsung Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Perusahan Pers, Ratna Komala.

Ratna datang bersama dua orang petugas pendataan dari Sekretariat Dewan Pers ke Kantor Redaksi Terasmaluku.com di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Rata Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, dan diterima Pimpinan Redaksi Hamdi Djempot.  Tim Dewan Pers langsung melakukan verifikasi perusahan pers media online itu.

Berkas yang diverifikasi adalah berkas administrasi yakni,  terkait akta pendirian perusahan, maksud dan tujuan bidang usaha  perusahan pers, dan surat keputusan Kemenkumhan RI  terkait perusahan pers tersebut. Dewan Pers juga memverifikasi penanggungjawab redaksi yang harus lulus Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) utama.

Perusahan pers harus memiliki kode prilaku, memiliki peraturan perusahan yang mengatur jenjang karir kewartawanan. Satu badan hukum perusahan pers hanya untuk satu media saja. Setelah melakukan verifikasi badan hukum, anggota Dewan Pers kemudian melakukan verifikasi sumber daya manusia dari perusahan per situ. Yakni awak redaksi, karyawan kontrak, karyawan freelance.

Dewan Pers juga melakukan verifikasi kondisi fisik perusahan, seperti alamat kantor sesuai dengan formulir isian, ruangan kerja, peralatan kerja, ruang rapat redaksi dan sejumlah peralatan lainnya yang mendukung kerja redaksi. Selain itu, Dewan Pers juga memeriksa fisik produk pers. Tim Dewan Pers juga memeriksa kompetensi wartawan, penangungjawab redaksi telah memiliki sertifikat wartawan utama, telah menerapkan dan mensosialisasikan kode etik jurnalistik, memiliki/mengikuti program pelatihan jurnalistik serta mengikuti standarisasi kompetensi jurnalis.

Dewan Pers juga melakukan verifikasi aspek kesejahteraan jurnalis, yakni apakah gaji sesuai standar UMP/UMK, gaji 13 minimal setara dengan UMP/UMK. Melakukan verifikasi asuransi, jaminan sosial berupa jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, pensiun, hari tua dan kematian serta insentif tambahan bagi yang berprestasi. Dewan Pers juga melakukan verifikasi terkait perlindungan terhadap jurnalis.

Ratna mengatakan verifikasi perusahan pers ini dilakukan atas dasar amanat Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, Pasal 15 Ayat 2 (g). “Sesuai pasal tersebut, fungsi Dewan Pers mendata Perusahan Pers sekaligus memastikan pelaksanaan komitmen mereka (perusahan pers) dalam menegakan profesionalisme dan perlindungan terhadap wartawan gunu mewujudkan kemerdekaan pers,” kata Ratna. Pendataan perusahan pers juga sesuai amanat Piagam Palembang 9 Februari 2010 yang ditandatangani oleh 17 pemilik media dari berbagai platform, guna menjalankan kemerdekaan pers dan pers yang profesional.

Verifikasi Perusahan Pers, media anggota AMSI di daerah  ini dilakukan setelah sebelumnya pengurus AMSI pusat mendaftarkan diri ke Dewan Pers pada Senin 27 Agustus 2018 untuk  menjadi konstituen Dewan Pers. “Sebagai syarat untuk bisa menjadi konstituen Dewan Pers salah satunya, kami melakukan verifikasi lapangan terhadap perusahan pers dalam hal ini  anggota AMSI di daerah, apakah yang mereka sampaikan ke kita sesuai atau tidak,” kata Ratna. Ratna mengatakan, Dewan Pers sifatnya menunggu dari Perusahan Pers untuk melakukan verifikasi lapangan. “Jika perusahan media sudah siap, maka Dewan Pers langsung melakukan verifikasi lapangan,” katanya.

Saat verifikasi Perusahan Pers Terasmaluku.com masih terdapat sejumlah kekurangan. Karena itu, Ratna minta pihak Terasmaluku.com  melengkapi sejumlah kekurangan tersebut ke Dewan Pers. Dewan Pers juga nantinya akan melakukan verifikasi Perusahan Pers media anggota AMSI Maluku lainnya yang sudah memiliki badan hukum PT seperti, Info-Ambon.com,Malukunews.co, Kilasmaluku.com, Beritabeta.com,Hunimuanews.com, dan Kompas Timur.com. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *