Gubernur Buka Sasi Hasil Laut di Pulau Ay

by
Gubernur Maluku Said Assagaff mencabut bambu yang dipasangi daun kelapa di Pantai Desa Pulau Ay sebagai tanda membuka sasi hasil laut di desa ini, Selasa (13/11/2018). FOTO : (TERASMALUKU.COM)

AMBONKITA.COM-GUBERNUR Maluku Said Assagaff membuka sasi hasil laut di pantai Desa Pulau Ay Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (13/11/2018) siang. Gubernur mencabut bambu yang dipasangi daun kelapa di tepi pantai. Sasi adalah larangan secara adat bagi masyarakat Pulau Ay untuk mengambil atau menangkap hasil laut berupa lobter, taripang dan kerang lola.

Sasi  mengambil hasil laut ini sudah dilakukan sejak 2014, empat tahun lalu. Dengan dibuka sasi ini, warga Pulau Ay bisa mengambil atau memanen hasil laut sesuai ukuran yang sudah diatur di perairan Pulau Hatta. Sasi adat ini dilakukan sebagai upaya restocing hasil laut di wilayah serta mencegah kerusakan ekosistem laut

Dalam buka sasi ini, gubernur yang didampingi sejumlah pejabat menyaksikan langsung warga menangkap hasil laut berupa lobster berbagai jenis di tepi pantai. Gubernur mengapresiasi sikap warga Pulau Ay yang tetap menjaga tradisi adat tidak mengambil hasil laut selama sasi berlangsung. Gubernur berharap agar tradisi turun temurun ini terus dijaga sehingga generasi muda bisa melestarikannya lagi.

“Sasi ini merupakan upaya masyarakat di negeri adat untuk menjaga agar lingkungan itu terpelihara, bisa terjaga jangan ada pengembongan-pengembongan di laut untuk mengambil ikan, mengambil teripang dan lainnya. Karena itu saya sangat mengapresiasi adanya negeri-negeri yang melaksanakan sasi ini, tidak hanya hasil laut tapi juga hasil perkebunan seperti kelapa,” kata Gubernur.

Panen hasil laut ini akan berlangsung selama dua minggu dan setelah ditutup atau disasi lagi hingga dua tahun kedepan.Panen hasil laut di Pulau Ay ini merupakan bagian dari Pesta Rakyat Banda Tahun 2018. (ADI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *