Categories: AmbonkuHukum Kriminal

3.140 Personil Gabungan Amankan Nataru di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 3.140 orang personil gabungan dari TNI, Polri, Satpol Pp, Dinas Kebakaran, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan, dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Ribuan personil itu resmi dikerahkan dalam apel gelar pasukan Operasi Lilin Salawaku 2022 yang dilaksanakan Polda Maluku di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (23/12/2022). Apel dipimpin Irwasda Maluku, Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar.

“Kita memfokuskan pada sisi pelayanan khususnya pengamanan-pengamanan pada ibadah Natal serta melakukan pengamanan tahun baru di ujung tahun 2022 nanti,” kata Siregar kepada wartawan.

Menurutnya, fokus pengamanan dilakukan pada wilayah keramaian dan sentra-sentra arus mudik masyarakat seperti di bandara, pelabuhan, dan lain sebagainya.

“Dalam pengamanan kita melibatkan stakeholder terkait untuk dapat bekerja sama dalam melakukan kegiatan pengamanan. Kita juga mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan yang tergelar di seluruh jajaran Polda Maluku,” sebutnya.

BACA JUGA: 177 Bintara Polri Dilantik Dihadiri Saudara Asuh Siswa Secaba TNI AD

Dalam operasi Lilin Salawaku 2022, Siregar mengaku Kapolri juga memberikan atensi kepada anggota di lapangan. Diantaranya melaksanakan pelayanan yang humanis, serta mengedepankan sisi kemanusiaan.

“Jadi kita diminta untuk memberikan pelayanan yang prima, jauhkan sifat-sifat yang bersifat arogansi, menyakiti hati masyarakat. Intinya adalah lebih menekankan kepada pelayanan yang sifatnya humanis,” kata dia.

Sebanyak 3.140 personil gabungan yang diterjunkan terdiri dari TNI 350 orang, Polri 2.228 orang, dan instansi terkait lainnya sebanyak 500 orang (Satpol Pp, Dinas Kebakaran, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan).

Terdapat sebanyak 755 objek pengamanan, seperti Gereja 507 unit, terminal 17, pelabuhan 53, bandara 12, pusat perbelanjaan 39, destinasi wisata 92, dan objek pergantian tahun baru 2023 sebanyak 35 lokasi.

Polda Maluku juga menyiapkan sebanyak 54 unit pos pengamanan, 25 pos pelayanan, dan 9 unit pos terpadu. Jumlah ini tersebar di Polres/ta jajaran.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024