Categories: AmbonkuHeadlineMaluku

48 Mahasiswa Amerika akan Belajar Kesehatan Lingkungan Masyarakat Pulau-pulau Kecil di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- University Of Rhode Island Amerika, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan Universitas Pattimura Ambon terkait program studi banding J-Term 2023. Mereka akan mempelajari lingkungan, kesehatan, dan masyarakat di pulau-pulau kecil di Maluku.

Sebanyak 48 orang mahasiswa yang didampingi 7 profesor dan dosen dari University Of Rhode Island Amerika, ini telah berada di Ambon, ibukota provinsi Maluku.

Program studi banding J-Term 2023 sendiri telah digelar yang dibuka Sekda Maluku, Sadali Ie, di Monumen Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon, Sabtu (7/1/2023).

“Kami menyampaikan terima kasih karena University Of Rhode Island Amerika telah memilih provinsi Maluku sebagai tempat studi banding dan juga untuk melakukan kerjasama pengembangan sumber daya manusia,” kata Sadali membacakan sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail.

BACA JUGA: Angka Kemiskinan di Maluku Turun

Sadali mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku menyambut baik program studi banding J-Term 2023 University Of Rhode Island Amerika di Provinsi Maluku.

Tampak para Mahasiswi University Of Rhode Island Amerika menghadiri pembukaan program studi banding J-Term 2023 di Monumen Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon, Sabtu (7/1/2023). (Foto: Husen Toisuta/AmbonKita.com)

“Kami yakin provinsi Maluku merupakan lokasi yang tepat untuk belajar banyak hal tentang pembangunan di pulau-pulau kecil,” ungkapnya.

Sadali menyampaikan, Provinsi Maluku didominasi area laut sebesar 92,4% dan daratan hanya 7,6%.

“Luas daratan membentuk gugusan pulau yang tersusun sebanyak 1.340 pulau dan sebagian besar merupakan pulau-pulau kecil,” sebutnya.

Sementara itu, Mr. Wiliams, ketua tim University Of Rhode Island Amerika, mengaku senang bisa berada di provinsi Maluku, dan disambut dengan sangat luar biasa.

“Kami sangat senang di sini. Hari ini kami di Ambon, tapi selain Ambon kami juga mau ke Pulau Seram, dan juga pulau-pulau kecil,” kata Wiliams menggunakan bahasa Indonesia.

Kehadiran pihaknya di Maluku, kata Wiliams, untuk belajar banyak hal. Diantaranya terkait budaya masyarakat, lingkungan, maupun kesehatan.

“Itu semua kita ingin tahu dan kita bagi di Amerika. Mahasiswa kita ingin kerjasama dengan mahasiswa di Universitas Pattimura. Kami sangat senang untuk shering ilmu, shering pengetahuan antara Amerika dengan Maluku,” ungkapnya.

Wiliams mengaku kelompok studi banding yang dikerahkan kali ini termasuk sangat besar. Terdapat 48 mahasiswa dan 7 profesor dan dosen dari University Of Rhode Island Amerika.

“Ada konservasi lingkungan, kesehatan masyarakat, keperawatan dan lainnya. Kami akan berada di sini selama 9 hari dan akan kembali ke Amerika untuk mulai semester baru,” ujarnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unpatti Ambon, Prof. DR. Fredy Leiwakabessy, berharap kerjasama ini tetap berlangsung untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Maluku, baik pada pemerintah provinsi maupun di Universitas Pattimura.

“Yang kedua kerjasama ini memungkinkan kita untuk mengembangkan riset-riset atau penelitian bersama di bidang konservasi lingkungan, bidang kesehatan, maupun bagaimana membangun Maluku dalam konteks kepulauan pulau-pulau kecil,” harapnya.

Fredy mengaku Rhode Island memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kepulauan Maluku. Mereka memiliki pulau-pulau kecil dan juga mengembangkan perikanan, pariwisata, kesehatan maupun konservasi terhadap kualitas lingkungan.

“Dan sumber daya alam menjadi fokus dari riset-riset di Universitas Of Rhode Island, dan kita berharap ini bisa berlanjut lebih implementatif ke depan,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024