599 Anggota Polri di Maluku Naik Pangkat, Ini Pesan Kapolda

Share

AMBONKITA.COM- Sebanyak 599 orang anggota Polri yang bertugas di wilayah provinsi Maluku dinaikan pangkat periode 1 Januari 2023. Satu diantaranya dinaikan dari pangkat Komisaris Besar ke Brigadir Jenderal Polisi.

Upacara laporan kenaikan pangkat berlangsung di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Sabtu (31/12/2023). Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif SH, bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

Turut hadir dalam upacara laporan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi tersebut yaitu para Pejabat Utama Polda Maluku. Hadir pula personel yang dinaikan pangkat. Khusus untuk kenaikan pangkat Perwira Tinggi mengikuti upacara kenaikan pangkat di Mabes Polri, Jakarta.

Sebanyak 599 personel yang dinaikan pangkat terdiri dari Polda Maluku sebanyak 192 orang; Perwira Tinggi 1, Perwira Menengah 7, Perwira Pertama 30, Bintara 145 dan Tamtama 2 orang.

Untuk di Polres/ta jajaran sejumlah 407 orang dinaikan pangkat. Mereka terdiri dari Perwira Menengah 14, Perwira Pertama 45, dan Bintara 355 orang.

Naik pangkat dari AKBP ke Kombes Pol 3 orang (Polda); Kompol ke AKBP 6 orang (Polda); AKP ke Kompol 12 orang (reguler 10 dan pengabdian 2 – Polda 5 dan Polres 7 orang); IPTU ke AKP 26 orang (Polda 12 dan Polres 14); IPDA ke IPTU 49 orang (Polda 18 dan Polres 31 orang); AIPDA ke AIPTU 8 orang (Polda 4 dan Polres 4 orang); Bripka ke AIPDA 270 orang (Polda 97 dan Polres 173 orang); Brigadir ke Bripka 156 orang (Polda 30 dan Polres 126 orang); Briptu ke Brigadir 17 orang (Polda 11 dan Polres 6 orang); Bripda ke Briptu 49 orang (Polda 3 dan Polres 46 orang); Bharatu ke Bharaka 1 orang (Polda); dan Bharada ke Bharatu 1 orang (Polda).

Kapolda Maluku, Lotharia Latif, dalam amanatnya menyampaikan, pangkat merupakan bentuk penghargaan yang diberikan oleh organisasi kepada personel atas prestasi, dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan selama ini. Disamping itu pangkat juga merupakan bentuk keabsahan wewenang dan tanggung jawab yang dibebankan kepada setiap personel sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki.

BACA JUGA: Jumat Curhat di Masjid Raya Alfatah, Kapolda Maluku Terima Keluhan, Saran dan Masukan Masyarakat

Kenaikan pangkat bukanlah suatu hak, namun kenaikan pangkat adalah prestasi kerja yang diraih melalui proses dan mekanisme secara berjenjang. Kenaikan pangkat juga atas penilaian pimpinan kepada anggota yang teruji kualitas dan kemampuannya dalam mengemban tugas dan kewajiban yang diberikan. Sehingga tidak semua usulan kenaikan pangkat dapat diproses dan disetujui karena berbagai pertimbangan dan alasan.

“Pada periode 1 januari 2023 ini, personel Polda Maluku yang naik pangkat berjumlah 599 orang,” ungkapnya.

Atas nama Kapolda beserta staf dan Bhayangkari, Irjen Latif menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh personel yang telah dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi.

Ia berharap agar para personel yang dinaikan pangkat dapat meningkatkan kinerja sesuai bidang tugas masing-masing, “sehingga menjadi personel Polri yang unggul untuk transformasi Polri menuju Polri yang presisi,” ujarny.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini menekankan beberapa hal sebagai pedoman kepada para anggota yang dinaikan pangkat untuk pelaksanaan tugas ke depan. Mereka diingatkan untuk terus tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Karena kenaikkan pangkat merupakan anugrah yang diberikan Tuhan kepada saudara-saudara,” pintanya.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta anggota untuk dapat menjadikan kenaikan pangkat sebagai kebanggaan dan kebahagiaan keluarga. Karena anugerah tersebut diraih atas dukungan serta doa keluarga.

“Laksanakan tugas dan kewajiban kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh semangat dan niat sebagai ladang ibadah bagi kita semua,” ujarnya.

Para personel diminta untuk selalu merespon setiap keluhan masyarakat khususnya ketidakpuasan dalam pelayanan publik atau penegakan hukum. Berikan penjelasan secara utuh dan transparan.

“Hindari perbuatan yang dapat merugikan dan merusak nama baik institusi, keluarga dan diri sendiri. Dan paling terakhir, saya sampaikan dan mengajak kita semua untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dengan apa yang telah diberikan kepada kita dan memberikan yang terbaik terhadap institusi Polri yang kita cintai,” tutupnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024