Categories: DaerahkuHeadline

Angin Puting Beliung Terjang Dusun Airmendidih Buru, 12 Rumah Warga Rusak

Share

AMBONKITA.COM,- Angin puting beliung menerjang kawasan perumahan pendudum di dusun Airmendidih, desa Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Minggu (5/3/2023).

Bencana alam yang terjadi sekira pukul 15.00 WIT ini mengakibatkan sebanyak 12 unit rumah warga mengalami kerusakan ringan, hingga berat.

Beruntung, peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Tidak terdapat korban jiwa dalam bencana angin puting beliung namun menurut Kepala Desa Waenetat Saudara Irwandi bahwa kerugian akibat bencana angin puting beluing mencapai Rp. 240.000.000,” kata Aipda Djamaludin, Kasi Subpenmas Humas Polres Pulau Buru, kepada AmbonKita.com.

Hingga sore tadi, Djamaludin mengaku warga yang menjadi korban tengah membersihkan puing-puing rumah mereka akibat terjangan angin puting beliung.

“Wanita dan anak anak yang rumahnya terkena angin puting beliung sementara ini telah mengungsi di perumahan penduduk yang tidak terdampak angin puting beliung,” katanya.

Warga dibantu aparat kepolisian mengangkat puing-puing rumah yang diterjang angin puting beliung di dusun Airmendidih, desa Waenetat, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Minggu (5/3/2023). (Foto: Humas Polres Pulau Buru)

BACA JUGA: Kebakaran Rumah di Batu Merah, Satu Terluka

Ia mengaku Kapolsek Waeapo Ipda Andreas Panjaitan, bersama Camat Waeapo Baharudin Besan, telah turun ke lokasi kejadian untuk meninjau masyarakat terdampak bencana alam ini.

“Personel Polsek Waeapo juga telah turun ke lokasi bencana untuk membantu masyarakat memperbaiki bangunan yang rusak, dan memberikan bantuan logistik berupa indomie dan telur,” tambah Djamaludin.

Polres Pulau Buru menghimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga dan menjaga barang-barang mereka agar tidak hilang atau mengantisipasi terjadinya kasus pencurian.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam beraktifitas dan mengantisipasi adanya bencana lanjutan. Apabila terjadi lagi segera berlindung ke lokasi yang aman,” pintanya.

Sebanyak 12 rumah penduduk yang tercatat mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung, diantaranya:
1. Efendi / muslim
2. Tutut Toiman
3. Lam Surahman
4. Rasimun
5. Kasito
6. Jatmiko
7. Sugeng
8. Trianto
9. Supinah
10. Nurdin
11. Agus awaludin
12.  Muslih/kolikah

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024