Categories: AmbonkuHeadline

Apel Siaga Deklarasi Kampanye Damai di Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku turut mengikuti Apel Siaga Deklarasi Kampanye Damai yang digelar Bawaslu Maluku di Patimura Park, Kota Ambon, Kamis (23/11/2023).

Mewakili Polda Maluku, Direktur Samapta Kombes Pol Agus Pujianto ikut menandatangani deklarasi kampanye damai. Ia didampingi Direktur Intelkam Polda Maluku dan Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair, dalam sambutannya mengatakan, aturan kampanye pada Pemilu 2024 tidak berubah. Aturan yang dibuat tahun 2019 masih berlaku hingga saat ini. Begitu pula larangan-larangannya masih sama tidak ada yang berubah.

“Kita punya tanggung jawab yang sama bukan hanya di pihak kepolisian, kejaksaan dan pemda provinsi Maluku, tetapi juga ada pada peserta Pemilu itu sendiri,” ujarnya.

BACA JUGA: Polwan di Ambon Ikut Pembinaan Rohani dan Mental

Sementara itu, Sekda Maluku Sadali Ie saat membacakan sambutan Gubernur Maluku, mengaku, pengawasan pelaksanaan Pemilu adalah tugas utama Bawaslu.

“Karena itu kami menyambut baik pelaksanaan apel siaga ini sebagai wujud komitmen kita menghadirkan Pemilu yang jujur adil dan berkualitas,” katanya.

Kampanye sebagai salah satu tahapan penting dari pelaksanaan Pemilu akan dimulai pada 28 November 2023. Hal itu berarti waktu untuk memperkenalkan diri sebagai caleg dan juga partai politik kepada masyarakat sudah ada di depan.

“Ini sebuah masa yang sangat rentan dengan tubrukan kepentingan politik dari setiap caleg idealnya kompetisi ini harus berjalan secara jujur, terbuka, adil, dan transparan, sehingga masyarakat dapat memilih siapa pemimpin dan wakil rakyat yang pantas mereka pilih,” pintanya.

Namun dalam praktiknya, sering kali terjadi saling serang menyerang nama baik, kampanye hitam, money politik, penyebaran hoax, dan lain-lain.

Ia mengaku, situasi yang demikian harus dihindari sebab sangat berpotensi menyebabkan perpecahan antar anak bangsa, utamanya pada tataran masyarakat pemilih di akar rumput. Karena itu, peran Bawaslu sangat krusial dan menentukan hadirnya kampanye dengan suasana yang tertib nyaman dan menyenangkan bagi semua pihak.

“Independensi KPU dan Bawaslu menjadi pintu masuk bagi hadirnya kepemimpinan yang kredibel, punya legalitas buatan, benar-benar berasal dari rakyat,” pungkasnya.

Berikut Naskah Deklarasi Kampanye Damai yang dibacakan Ketua Bawaslu dan seluruh Pengurus Parpol di Maluku:
1. Mewujudkan Pemilu yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil.
2. Melaksanakan kampanya Pemilu berdasarkan peraturan perundang undangan.
3. Melaksanakan kampanya Pemilu yang aman tertib damai berintegritas dan bebas dari politisasi sara.
4. Tidak mengikutsertakan pihak pihak yang dilarang ikut berkampanye.
5. Tidak melakukan kampanye hitam menghasut mengadu domba masyarakat.
6. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak melakukan provokasi intimidasi pelecehan dan pencemaran nama baik serta penghinaan antar peserta Pemilu.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024