Apresiasi Vaksinasi di Ambon, Mendagri Minta Wali Kota Kembali Sisir Lansia

Share

AMBONKITA.COM,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian, memberikan apresiasi kepada kota Ambon yang tingkat vaksinasi covid-19 sudah mencapai 91 persen.

Meski begitu, mantan Kapolri ini terus meminta Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, agar gencar melaksanakan vaksinasi khususnya menyisir warga lanjut usia (lansia).

“Dari hasil rapat tadi ada daerah yang sangat tinggi seperti Kota Ambon sudah 91 persen, sehingga saya sampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada kota Ambon,” kata Tito kepada wartawan usai memimpin rapat koordinasi Percepatan Vaksinasi di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (24/12/2021).

Tito mengakui kerawanan tertinggi penyebaran covid-19 berada di kota Ambon. Salah satu penyebabnya adalah kepadatan penduduk. Dari jumlah populasi yang cukup besar tersebut, sehingga dengan berbagai upaya gencar dilakukan.

“Medannya juga tidak terlalu sulit, kita paham, dikeroyok rame-rame, kita bersyukur 91 persen sudah dicapai Kota Ambon. Kita minta juga kepada Wali kota sisir kembali terutama yang lansia, door to door,” pintanya.

Jenderal bintang 4 Purnawirawan Polri ini mengaku berkunjung ke Ambon, Maluku, bersama Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).
Kedatangan pihaknya untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar vaksinasi tahap pertama di akhir tahun 2021 bisa mencapai 70 persen.

“Meskipun secara nasional sudah mencapai 75 persen tapi ada beberapa daerah yang relatif rendah,” kata Tito.

Presiden, kata Tito, menginginkan agar target pencapaian vaksinasi 70 persen tidak hanya berskala nasional tetapi merata sampai ke daerah-daerah. Karena belum tentu angka nasional bisa memproteksi daerah masing-masing.

“Ada beberapa daerah yang dalam berbagai rapat di tingkat nasional belum mencapai 70 persen diantaranya Maluku,” sebutnya.

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024