Bentrok Warga Vs Polisi, Propam Polda Maluku Dikerahkan ke Tamilouw

Share

AMBONKITA.COM,- Tak butuh waktu lama pasca bentrokan antara warga dengan polisi pecah di Negeri Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa pagi (7/12/2021), Polda Maluku langsung mengerahkan Tim Propam ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Bentrokan yang terjadi antara warga dengan polisi ini mengakibatkan puluhan orang terluka. 15 diantaranya merupakan warga Tamilouw, dan 7 lainnya adalah anggota polisi.

Bentrokan pecah setelah warga melakukan aksi penolakan terhadap proses penangkapan sejumlah warga setempat. Mereka yang ditangkap diduga merupakan pelaku pengrusakan tanaman warga di Dusun Rohunusa, Desa Sepa, Kecamatan Amahai, dan pembakaran kantor Negeri Tamilouw.

“Tadi bapak Wakapolda sudah mengerahkan tim Propam ke TKP untuk melakukan penyelidikan,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat kepada wartawan di Ambon.

Rum mengaku, pasca insiden pagi tadi, sejumlah tokoh masyarakat Tamilouw di Ambon juga menemui Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes.

“Tim Propam dikerahkan untuk melakukan penyelidikan apakah langkah-langkah yang diambil oleh Polres sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Tadi pagi sudah berangkat untuk melakukan pemeriksaan,” sebutnya.

Lantas seperti apa selanjutnya langkah yang akan diambil Polda Maluku terkait insiden itu, kata Rum, akan disampaikan setelah tim Propam mengantongi hasil pemeriksaan.

“Hasilnya nanti seperti apa akan kami sampaikan kepada rekan-rekan. Intinya percayakanlah kepada kami. Apa yang benar atau salah akan kami sampaikan,” ujarnya.

Juru bicara Polda Maluku ini mengaku, pihaknya tidak akan membiarkan anggota melakukan kesalahan.

“Kita tidak akan membela anggota yang salah. Bila ada anggota yang melanggar maka sudah barang tentu akan diambil tindakan,” pungkasnya.

Baca juga: Polisi Bentrok dengan Warga Tamilouw, Puluhan Orang Terluka

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024