Categories: AmbonkuHeadline

Buka Puasa Bersama, Kapolda: Terima Kasih Telah Jaga Maluku Aman dan Damai

Share

AMBONKITA.COM,- Kepolisian Daerah Maluku melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dengan Forkopimda Maluku, para ketua Parpol, KPU, Bawaslu tokoh masyarakat, tokoh agama, maupun tokoh pemuda di Gedung Sport Center Mapolda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan yang dihadiri Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Gubernur Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Kajati Maluku, bersama Forkopimda dan stakeholder lainnya ini mengusung tema “Dengan Semangat Basudara Manise, Kita Wujudkan Maluku yang Aman, Damai dan Sejahtera”.

Kapolda Maluku dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Maluku, Forkopimda serta seluruh hadirin yang di tengah kesibukan dan aktifitasnya, masih menyempatkan diri menghadiri undangan buka puasa bersama di Mapolda Maluku.

Menurutnya, buka puasa yang dilaksanakan ini selain sebagai ajang silaturahmi dan sinergitas dengan segenap instansi, para tokoh agama dan tamu undangan, juga merupakan momentum untuk meningkatkan persaudaran di bulan suci Ramadan.

“Silaturahmi dan sinergitas antara TNI- Polri, Pemerintah Daerah, Forkopimda, KPU, Bawaslu, para ketua Parpol, Tokoh agama, OKP serta seluruh instansi terkait sangat diperlurkan dalam rangka menjaga kondusifitas daerah khususnya pasca pemilihan Presiden, Wakil Presiden dan pemilu legislatif pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu dan persiapan menjelang Pilkada 2024 serentak nantinya,” ungkapnya.

Irjen Latif juga menyampaikan rasa syukurnya atas pelaksanaan pemilihan umum di Maluku dapat terlaksana dengan aman dan damai. “Tentu ini semua karena partisipasi dan kontribusi kita semua,” ungkapnya.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga menyampaikan perhargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah memberikan dukungan dan bantuan dalam pelaksanaan tugas-tugas Polri untuk menjaga dan memelihara stabilitas kamtibmas di provinsi Maluku.

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat berkah-nya kepada kita sekalian. Dan akhirnya marilah kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, semoga kita semua, senantiasa diberikan kekuatan, ketegaran dan ketabahan lahir batin dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta,” pungkasnya.

Kegiatan buka puasa bersama tersebut mendapat tanggapan positif dari sejumlah tokoh masyarakat, maupun politisi di Maluku. Mereka memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

Sebagai Ketua KPU Provinsi Maluku yang baru mengakhiri masa tugas periode 2019-2024 pada akhir Maret lalu, Syamsul Rifan Kubangun yang menjadi pemimpin penyelenggaraan Pemilu serentak di Maluku mengaku turut merasakan suka cita kebahagian yang mendalam atas kegiatan buka puasa bersama yang diiniasi oleh Polda Maluku.

“Saya menyampaikan ucapan syukur terima kasih, kebanggaan, penghormatan, apresiasi atas capaian komunikasi, koordinasi, kolaborasi hingga pelaksanaan pemilu berjalan aman, damai dan sukses,” katanya.

Menurutnya, kegiatan buka puasa bersama Polda Maluku yang bertujuan sebagai ajang silaturahmi ini akan terus menjadi modal sosial, modal kepercayaan, dan modal kerja, “guna mewujudkan agenda nasional selanjutnya yakni pertama kali pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional di bulan November tahun 2024 mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Halimun Saulatu, anggota DPRD Provinsi juga memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku yang telah menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama.

“Kegiatan yang dilakukan bapak Kapolda ini merupakan momen yang sangat bagus, momen yang tepat. Kalau kemarin mungkin kita ada perbedaan karena Pemilu kini saatnya kita didudukan dalam satu meja untuk kita kembali mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Politisi partai Demokrat ini mengaku Pemilu telah berakhir. Di Maluku pesta demokrasi ini berlangsung aman dan damai. Meski ada sedikit gejolak, namun semuanya masih dapat dikendalikan. Ini semua atas peran seluruh elemen masyarakat, khususnya aparat kepolisian yang dibackup TNI.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Polda Maluku dan jajaran, khususnya Kapolda Maluku yang telah mengamankan Pemilu sehingga berjalan aman dan damai,” ujarnya.

Terpisah, Yunus Serang, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, mengaku terkesan dengan kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan Kapolda Maluku.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada bapak Kapolda Maluku yang telah mengundang saya dalam kegiatan buka puasa bersama hari ini,” katanya.

Menurutnya, buka puasa bersama di bulan Ramadan saat ini merupakan momentum yang tepat untuk kembali menata hubungan yang mungkin sempat renggang akibat perbedaan pilihan politik.

“Ini momen yang pas untuk kita kembali mempererat tali silaturahmi setelah Pemilu kemarin yang mungkin ada sedikit perbedaan politik. Saya memberikan apresiasi kepada Kapolda Maluku,” tambah anggota DPRD Maluku terpilih ini.

Sementara itu, Donatus Yamlean, Koordinator GMKI Maluku, mengaku, kegiatan buka puasa bersama yang dihelat tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi dengan berbagai pihak penting di Maluku, juga merupakan bagian cooling system pasca Pemilu dan persiapan perhelatan Pilkada 2024 ke depan.

“Bapak Kapolda ini sangat peduli terhadap hubungan keharmonisan hidup orang basudara di Maluku. Beliau tidak ingin kita sesama anak Maluku khususnya para pemuda selalu berkelahi hanya karena masalah sepele, karena hal itu akan merugikan kita sendiri, dan Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada bapak Kapolda,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024