Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Curi HP di Rumah Orang Pemuda Namlea Ini Diringkus Polisi

Share

AMBONKITA.COM,- Pelarian Imran Waikabu alias Erik, berakhir. Warga Dusun Nametek, Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, ini diringkus polisi. Ia diduga mencuri Handphone di rumah orang.

Pemuda 25 tahun itu akhirnya berhasil ditangkap polisi setelah beraksi di rumah korban AZP di Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat malam (2/12/2022) lalu.

Kasat Reskrim Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP Mido Manik, mengatakan, Erik diamankan oleh personil unit Buser dan Subnit III Pidum. Tim dipimpin Kanit Buser Ipda S. Taberima dan Kasubnit III Pidum Bripka S. Tonce.

Mido mengaku pria pengangguran itu ditangkap di kawasan tempat tinggal sementaranya, yaitu di Stain, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Ambon.

“Pelaku mencuri di rumah korban tanggal 2 Desember 2022. Hasil penyelidikan, identitas pelaku terungkap dan ditangkap pada tanggal 14 Desember 2022,” ungkap Mido kepada AmbonKita.com, Jumat (30/12/2022).

BACA JUGA: Kapolresta Ambon Salurkan Beras untuk Pengungsi Kariu

Pencurian yang dilakukan pelaku berawal saat dirinya memasuki rumah korban pada malam hari. Ia menaiki tangga di samping rumah korban.

“Pelaku masuk ke dalam rumah menggunakan tangga tepatnya di lantai dua, sesampainya di lantai dua masuk lewat jendela yang tidak dikunci,” terangnya.

Berhasil masuk lantai dua, pelaku kemudian beraksi mencari barang berharga. Ia kemudian turun ke lantai satu dan masuk kamar korban. Saat itu pelaku melihat HP korban yang diletakan di lantai.

“Melihat HP korban, pelaku kemudian mengambilnya dan langsung keluar lewat pintu belakang rumah korban,” katanya.

Mido mengaku HP korban yang dibawa kabur pelaku sejumlah 2 buah. Yaitu Samsung Galaxy S20 plus warna silver, dan Samsung Galaxy S9. Kedua barang bukti tersebut telah berhasil diamankan.

“Pelaku saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencurian dengan pemberatan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat 1 ke-3e dan ke-5e KUHPidana. Ia terancama hukuman pidana penjara 7 tahun,” jelasnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Seram Bagian Barat itu menambahkan, tersangka saat ini telah diamankan di rumah tahanan Polresta Ambon.

“Penyidik telah mengirim berkas perkara tahap I tersangka dan berkoordinasi dengan JPU (Jaksa Penuntut Umum),” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024