Categories: Daerahku

Gempa Laut Banda: Satu Warga Tanimbar Terluka Tertimpa Reruntuhan Rumah

Share

AMBONKITA.COM,- Satu orang warga di Labobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, terluka akibat gempabumi tektonik berkekuatan 7,5 SR yang mengguncang laut Banda dan sekitarnya, Selasa (10/1/2023) pukul 02.47 WIT.

Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP Umar Wijaya, mengatakan, saat kejadian warga di Saumlaki mengamankan diri di Jalan Poros.

“Sampai jam 4 (04.00 WIT) saya monitor warga masing mengamankan diri di Jalan Poros,” kata Wijaya kepada wartawan di kota Ambon.

Ia mengaku telah memerintahkan anak buahnya untuk melakukan pendataan terkait dampak dari gempa yang berada pada kedalaman 130 km ini.

“Yang baru kami tahu itu satu orang warga mengalami luka ringan dan satu rumah rusak di Warlabobar. Sementara di Saumlaki masih dilakukan pendataan,” kata Wijaya yang berada di Ambon menghadiri serah terima Wakapolda Maluku.

BACA JUGA: Gempa Berkekuatan 7,9 SR Guncang Laut Banda, BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami

Berdasarkan informasi yang dihimpun Ambonkita.com, gempa tersebut menyebabkan pagar yang berdiri di Pelabuhan Saumlaki ambruk. Sejumlah rumah di BTN Saumlaki juga mengalami kerusakan.

Sebelumnya diberitakan, gempa tektonik berkekuatan 7,9 SR mengguncang laut banda, wilayah pantai Maluku Barat Daya (MBD), Selasa (10/1/2022) pukul 02.47 WIT. Peringatan tsunami yang sempat dikeluarkan kini telah dicabut.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi 7,9 SR memiliki parameter update dengan magnitudo 7,5 SR. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 Km arah BaratLaut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Indosat Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

AMBONKITA.COM,– PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) mencatat pencapaian…

05/21/2024

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024