Categories: HeadlineMaluku

Gubernur Maluku Serahkan Hewan Kurban, dari Presiden Berbobot 900 Kg

Share

AMBONKITA.COM,- Gubernur Maluku Murad Ismail, menyerahkan hewan kurban untuk perayaan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Tahun 2023. Penyerahan berlangsung di pelataran Masjid Raya Alfatah, Kota Ambon, Rabu (28/6/2023).

Provinsi Maluku kembali mendapatkan bantuan satu ekor sapi dari Presiden RI, Joko Widodo. Sapi dari Presiden diserahkan Gubernur Maluku secara simbolis kepada Imam Masjid Raya Alfatah Ambon, H.R.R. Hassanusi.

Sapi kurban, bantuan dari Presiden ini berasal dari peranakan Limusion. Bobotnya mencapai kurang lebih 900 Kg.

Gubernur Murad dalam sambutannya menyampaikan hakikat penyembelihan hewan kurban saat hari raya Idul Adha yaitu untuk mengenal peristiwa iman yang terjadi pada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS yang penuh keikhlasan lahir batin mampu mengorbankan sesuatu yang sangat dicintai untuk memenuhi perintah Allah SWT.

Ibadah kurban, lanjut Murad, tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan konsumsi semata, tetapi lebih dari itu melalui hikmah dan makna yang besar dalam kehidupan  sebagai makhluk sosial. Berkurban diharapkan mampu menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan jurang pemisah antara yang mampu dan tidak mampu. Hal ini agar bisa hidup berdampingan saling tolong-menolong dan dengan penuh kedamaian.

BACA JUGA: 20 Ekor Sapi Kurban Dibagikan Polda Maluku Kepada Masyarakat

“Hari ini juga saya menyerahkan bantuan sapi kurban dari Presiden Republik Indonesia jenis jantan dengan berat 900 kg dan satu kurban saya sendiri jenis madura jantan dengan berat 800 kg, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.

Sapi kurban dari Gubernur Maluku diserahkan untuk masyarakat Negeri Asilulu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah.

Murad juga menyerahkan hewan kurban bantuan Pemerintah Provinsi Maluku kepada sejumlah Masjid di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur. Bantuan yang diserahkan sebanyak 97 ekor sapi dan 30 ekor kambing.

“Bapak gubernur Maluku menyerahkan  kepada masyarakat di Kabupaten Maluku Tengah dan  selanjutnya untuk 97 ekor sapi dan 30 ekor kambing akan diserahkan kepada panitia Idul Adha yang telah terbentuk pada masjid-masjid atau pemukiman masyarakat yang tersebar di kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah Kabupaten SBT dan Kabupaten SBB,” tambah Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Maluku, Mustafa Sangadji, selaku ketua panitia.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024