Kanwil Kemenag Maluku Peringkat Pertama Nasional Realisasi PNBP 2021

Share

AMBONKITA.COM,- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, raih penghargaan peringkat pertama nasional, kategori realisasi penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2021.

Penyerahan piagam penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas dan diterima langsung oleh Plt Kepala Kanwil Kemenag Maluku, H. Yamin dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ditjen Bimas Islam 2022 yang digelar secara luring di Cilegon, Kamis (3/3/2022).

H. Yamin yang hadir bersama dengan Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, M. Rusydi Latuconsina, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan bekerja dengan baik sehingga Kanwil Kemenag Maluku dapat meraih penghargaan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak terkait, khususnya Bidang Bimas Islam yang sudah bekerja keras dalam realisasi anggaran serta penyetoran PNBP tahun 2022,” katanya.

Menurut Yamin, tujuan digelarnya Rakernas kali ini adalah untuk penguatan sistem koordinasi serta evaluasi Ditjen Bimas Islam dalam pelayanan keagamaan yang berdasar pada kebijakan prioritas dan mandatori Kemenag, peningkatan tata layanan dibidang urusan agama Islam dan pembinaan syariah, penerangan agama Islam, bina KUA dan keluarga syariah serta pembinaan zakat dan wakaf.

“Kegiatan ini bernilai strategis, sebagai acuan bagi Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dalam mengevaluasi dan merealisasikan program Kemenag khususnya Bidang Bimas Islam kepada masyarakat di Maluku,” ujarnya.

Capaian dan prestasi yang ditorehkan ini menjadi pemacu semangat bagi seluruh satuan kerja Kemenag yang ada di Maluku dalam meningkatkan kinerjanya.

“Hari ini menjadi catatan penting, agar ke depan bukan saja Bidang Bimas Islam, tapi seluruh satuan kerja untuk berlomba- lomba meningkatkan kualitas di era transformasi publik yang semakian terbuka di masa-masa mendatang,” pinta Yamin.

Berikut posisi lima lembaga yang berhasil menorehkan prestasi penyetoran PNBP tahun 2021 secara nasional. Peringkat pertama Kanwil Kemenag Provinsi Maluku; Kedua Kanwil Kemenag Provinsi DI Yogyakarta; Ketiga Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah; Keempat Kanwil Kemenag Provinsi Nusa Tenggara Timur; Kelima Kanwil Kemenag Provinsi Lampung; Dan keenam Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah.

Sebelumnya, Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas meminta agar Ditjen Bimas Islam mampu jadi etalase wajah Kemenag dengan menunjukan pelayanannya yang prima.

“Memperjuangkan kebaikan, memperjuangkan perbaikan dan memperjuangkan peradaban yang lebih baik bukanlah suatu hal yang mudah, pasti tidak mudah. Namun hal yang tidak mudah itu bukan tidak mungkin kita lakukan. Kalau kita bersama-sama kompak dalam satu barisan, saya kira sesulit apapun tantangannya kita bisa taklukan itu. Saya yakin kita semua, seluruh Aparatur Kementerian Agama sudah berada pada sisi sejarah yang benar. Insyaallah ini jadi bagian dari perjuangan kita,” jelasnya.

Menag menekankan agar pelayanan keagamaan dapat diberikan kepada masyarakat secara prima.

“Saya tidak ingin apabila kita tidak melayani tuan-tuan kita secara sempurna. Saya ingin Ditjen Bimas Islam untuk mampu dan bisa menjadi ujung tombak Kementerian Agama serta garda terdepan dalam pelaksaan progam-progam prioritas Kementerian Agama,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Kemenag adalah Kementerian semua agama yang harus dipahami secara proporsionalitas.

“Kita tau agama islam merupakan populasi terbesar di negara Indonesia, maka sesuai dengan proporsinya kita wajib memberikan pelayanan yang proporsional juga. Harapannya setelah rakernas ini dapat terjalinnya langkah yang sama antara Kemenag Pusat dan Kemenag Daerah untuk mensukseskan seluruh program prioritas Kementerian Agama.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024