Categories: AmbonkuHeadline

Kapolda Dorong Bhayangkari Maluku Terus Berkarya, Peduli Sesama

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mendorong Pengurus Bhayangkari Daerah Maluku dan jajarannya untuk terus berkarya, peduli terhadap sesama.

Hal itu disampaikan saat menghadiri kegiatan penyampaian hasil rapat kerja (raker) dan raker tahunan yayasan Kemala Bhayangkari Tahun 2023. Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Dojo SPN Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (24/10/2023).

Kapolda berharap hasil raker pengurus Bhayangkari dapat terlaksana dan diikuti oleh para pengurus dengan baik. Sehingga hasil terakhir nantinya dapat dijalankan secara efektif dan efisien oleh pengurus Bhayangkari Maluku di jajaran Polda Maluku.

Ia juga berharap kegiatan ini jangan hanya dimaknai sebagai seremonial, namun dapat menggelorakan semangat maupun tekat para pengurus untuk melakukan evaluasi dan perencanaan. Sehingga program-program kegiatan ke depannya dapat terealisasi sebagaimana yang diharapkan.

Bhayangkari, kata Kapolda adalah organisasi yang sudah dewasa dan mapan. Kiranya semakin kuat dan mampu memberikan pengabdian yang terbaik bagi keberhasilan pelaksanaan tugas Polri, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari institusi Polri.

“Bhayangkari juga harus lebih peka terhadap kebutuhan masyarakat, sehingga dapat menjadi daya ungkit yang mumpuni untuk keberhasilan tugas-tugas Polri,” pintanya.

Bertolak dari jati diri sebagai seorang istri maupun ibu, Kapolda yang merupakan pembina Bhayangkari Maluku ini, mengaku Bhayangkari dituntut harus bisa menjalankan perannya dengan baik.

Kapolda pun berharap tugas dan tanggungjawab anggota Bhayangkari tidak diabaikan, namun tugas dan tanggungjawab untuk melindungi keluarga, suami dan anak-anak juga tidak terbengkalai. Apalagi anggota Bhayangkari yang juga berperan sebagai wanita karir bagi yang bekerja, dituntut harus mampu membagi waktu dengan baik antar organisasi, bekerja dan mengurus keluarga.

Di sisi lain, Bhayangkari juga dituntut untuk selalu menampilkan kesederhanaan dalam setiap aspek kehidupan. Ini diharapkan agar mampu menciptakan peluang dalam berkarya maupun untuk diri sendiri, organisasi maupun untuk orang lain. “Bhayangkari juga dituntut tetap konsisten dalam menjaga semangat dan integritas sebagai anggota Bhayangkari, dengan cara tetap peka dan peduli terhadap situasi masyarakat saat ini serta dapat menjadi contoh dan teladan yang baik di lingkungan masyarakat,” harapnya.

Raker dipimpin Ketua Bhayangkari Maluku Evi Lotharia Latif. Ia berharap ke depan Bhayangkari Maluku dalam pelaksanaan program kerja dan kegiatannya dapat lebih efektif dan efisien.

“Kiranya hasil rapat kerja dapat dipedomani, dimengerti, dan dilaksanakan oleh seluruh anggota Bhayangkari Daerah Maluku,” pintanya.

Evi Latif mengingatkan kepada seluruh Bhayangkari Maluku terkait akan diselenggarakannya pesta demokrasi serentak tahun 2024. Anggota Bhayangkari Maluku dibolehkan menjadi anggota partai politik atau mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Asalkan, tidak menggunakan fasilitas Polri maupun tidak menggunakan atribut Bhayangkari dalam kegiatan tersebut. Hal ini sesuai dengan AD/ART Bhayangkari pasal 3 butir B.

“Setelah diadakannya penyampaian hasil rapat kerja Bhayangkari pada hari ini, Saya menghimbau kepada para ketua Cabang agar segera dilaksanakan, sehingga perubahan yang ada secara serentak sudah dapat juga diketahui dan diikuti oleh tingkat kepengurusan Ranting Bhayangkari se-daerah Maluku,” kata dia.

BACA JUGA: Satgas OMB Salawaku 2024 Patroli Pengamanan

Para Ketua Cabang juga diharapkan dapat secara bijak menentukan dan menyesuaikan hasil raker ini dengan situasi di wilayah masing masing. “Semoga tema melalui penyampaian hasil rapat kerja Bhayangkari tahun 2003, Bhayangkari mendukung Polri Presisi untuk negeri, Pemilu damai menuju Indonesia Maju dapat dilaksanakan tidak sekadar menjadi slogan belaka, tetapi ada peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan Bhayangkari di seluruh tingkat kepengurusan Bhayangkari di daerah Maluku, sekaligus juga sebagai salah satu langkah untuk mendukung tugas-tugas Polri sesuai dengan yang sudah saya Programkan selaku ketua Bhayangkari daerah Maluku,” harapnya.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bahan introspeksi dan evaluasi sehingga organisasi Bhayangkari di Maluku menjadi lebih baik.

Beberapa pesan dari Ketua Umum Bhayangkari juga disampaikan Evi Latif. Diantaranya melakukan audit kesehatan organisasi, sehingga akan dapat dilakukan inventarisasi kekuatan dan kelemahan. Jadikan kekuatan yang dimiliki menjadi prestasi dan formulasikan langkah-langkah mengatasi kelemahan agar tidak menjadi beban dalam menjalankan organisasi; Berikan perhatian kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk dapat membuat terobosan-terobosan kreatif dalam mewujudkan sasaran-sasaran strategis yang telah dirumuskan; Sebagai pemimpin, hendaknya selalu terbuka kepada anggota, bisa menerima saran dari anggota, bijak dalam menghadapi masalah dan mengambil keputusan. Jadilah pemimpin yang bisa menjadi solusi bagi anggota; Dan kembangkan kerjasama dengan organisasi wanita lainnya, sehingga terbangun rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan di lingkungan organisasi masing-masing.

SAPA ANAK-ANAK TK

Sebelum Raker, Kapolda dan Ketua Bhayangkari terlebih dahulu mengunjungi TK Kemala Bhayangkari 02 Passo SPN Polda Maluku. Di sana, mereka menyapa anak-anak yang sementara mengikuti kegiatan sekolah.

Saat menyapa para siswa – siswi TK Kemala Bhayangkari 02 Passo yang sedang belajar, Kapolda menanyakan cita-cita anak-anak ke depan.

Anak-anak tampak senang dengan adanya kedatangan Kapolda. Saat ditanya Kapolda mereka menjawab ingin menjadi Guru, Dokter, Polisi, Pilot, bahkan ingin menjadi Kepala SPN Polda Maluku.

Tak hanya menyapa anak-anak, Kapolda juga tampak menyapa para orang tua yang sementara menanti buah hati mereka di luar ruangan kelas.

Kedatangan Kapolda Maluku dan Ibu secara tiba-tiba ini diapresiasi oleh Monalisa Shandi Latue, guru TK Kemala Bhayangkari.

Monalisa mengatakan, kedatangan Kapolda dengan sendirinya dapat memotivasi anak-anak untuk menggapai cita-cita mereka.

“Kami sempat kaget dan juga merasa senang bisa dikunjungi oleh Bapak Kapolda dan Ibu. Kami juga menyampaikan terima kasih atas kunjungannya,” kata Monalisa.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024