Categories: AmbonkuHeadline

Kapolda Maluku Lantik Ratusan Bintara Polri

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 230 orang Bintara Remaja Polri gelombang kedua tahun 2023 akhirnya dilantik oleh Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Pelantikan dirangkai dengan upacara penutupan Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri SPN Polda Maluku yang dihelat di Lapangan Letkol Pol Chr. Tahapary, Kota Ambon, Kamis (21/12/2023).

Kapolda Maluku saat membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol Purwadi Ariato, meminta agar insan Bhayangkara siap untuk melaksanakan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelindung masyarakat.

Komjen Purwadi juga meminta agar para Bintara dan Tamtama Polri yang dilantik dapat menjadi contoh teladan yang baik bagi masyarakat bangsa dan negara.

“Kepada seluruh Bintara dan Tamtama Polri yang dilantik agar tetap berpegang teguh dan mengamalkan nilai-nilai Tribrata serta Catur Prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara, jaga nama baik dan kehormatan diri serta keluarga dan institusi Polri serta hindari segala bentuk pelanggaran, membangun komunikasi positif dengan masyarakat serta perkuat sinergitas dan solidaritas dengan personel TNI di lapangan dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif,” pintanya.

Sementara itu, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif dalam arahannya kembali mengingatkan para Bintara remaja agar terus menggantungkan cita-cita setinggi langit.

“Saya juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para komandan-komandan satuan TNI Kodam XVI/Pattimura beserta staf dan jajaran khususnya Danrindam dan Dansecaba Rindam yang juga menghadirkan siswa secaba yang sedang melaksanakan pendidikan yang hari ini juga beserta pengasuhnya hadir di tempat ini,” kata Kapolda sembari mendoakan para siswa secaba yang sedang menjalani pendidikan akan menyelesaikan pendidikannya dengan lancar  dan kembali untuk melaksanakan tugas di lapangan.

Kepada para Orang tua, Kapolda meminta agar dapat terus memberikan motivasi dan dorongan pembinaan mental terhadap anak-anaknya.

Kapolda pun mengingatkan para Bintara remaja bahwa waktu lima bulan yang diberikan menjalani pendidikan dan pembentukan merupakan awal menjalankan tugas di lingkungan Polri. “Mulai hari ini, inilah tantangan yang sebenarnya dengan istimasi waktu mungkin kalian 30 sampai 38 tahun melaksanakan tugas di Polri,” katanya.

Irjen Latif berharap tidak ada lagi pelanggaran-pelanggaran sekecil apapun yang dilakukan baik kode etik, disiplin maupun pidana. “230 orang yang dilantik hari ini saya berharap sampai nanti sepanjutnya, kecuali memang Tuhan yang memutuskan lain kalian akan tetap utuh dalam melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” harapnya.

Para Bintara Remaja Polri diminta agar terus mengembangkan diri dan menggantungkan cita-cita setinggi langit untuk mencapai prestasi yang lebih baik. Terus bertugas dan menjalin sinergitas dan soliditas yang baik dengan personel TNI maupun seluruh elemen masyarakat dalam memelihara Kamtibmas yang kondusif di wilayah Maluku.

“Pendidikan di SPN itu adalah modal awal. Tetapi tantangan yang sesungguhnya yaitu mulai hari ini dan selanjutnya ke depan. Siapkan fisikmu untuk terus melaksanakan tugasmu dengan penuh keihklasan dengan penuh rasa tanggung jawab,” pintanya.

BACA JUGA: Orang Tua Siswa Akui Seleksi Diktuba Polri di Maluku Transparan

JANGAN SAKITI HATI RAKYAT

Setelah pelantikan, ratusan Bintara Polri yang sudah ditemui para orang tua dan sanak keluarga, kemudian dihampiri oleh Kapolda, didampingi Wakapolda Brigjen Pol Stephen M. Napiun dan para pejabat utama Polda Maluku.

“Terima kasih bapak Kapolda, anak Saya sudah 4 kali tes Polisi dan akhirnya menjadi Polisi,” ungkap salah satu ibu Bintara Remaja Polri yang menangis saat ditemui Kapolda Maluku.

Kepada Bintara Polri, Kapolda kembali menanyakan pesan-pesannya yang telah disampaikan pada beberapa kesempatan, termasuk saat acara Yudisium kemarin.

“Saya pesan apa untuk kalian,” tanya Kapolda sembari dijawab oleh Bintara Remaja Polri itu yakni “jangan sakiti hati rakyat,” kata siswa tersebut.

Kapolda meminta agar para Bintara Remaja jangan sekali-kali menyakiti hati rakyat. Terus gantungkan cita-cita untuk meraih prestasi. “Jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun,” pinta Kapolda mengingatkan.

Belakangan diketahui kalau Bintara Remaja Polri yang ditemui Kapolda bernama Jafar Bin Musli. Ayahnya adalah Muslimin Usman, seorang pensiunan penjaga sekolah. Sementara ibu dari Bintara Remaja asal SMA Negeri 6 Kabupaten Seram Bagian Barat itu, yakni Sarida Bin Jafar, ibu rumah tangga.

“Anak Saya sudah 4 kali tes polisi. Dan baru di bapak Kapolda ini anak Saya lulus. Terima kasih Bapak Kapolda, dan semoga Bapak selalu diberkahi oleh Allah SWT,” kata Sarida Bin Jafar, yang tak mampu menahan tangisnya.

Sampai saat ini, Sarida masih tak percaya kalau putra sulungnya dari lima bersaudara berhasil meraih mimpinya untuk menjadi seorang polisi. “Ini anak kelima Saya. Dia berusaha sendiri,” tambah Sarida.

SAPA SISWA SECABA

Pada kesempatan itu, Kapolda Maluku juga menyempatkan waktu untuk menyapa para siswa Secaba TNI AD dari Rindam XVI/Pattimura yang hadir dalam upacara pelantikan dan penutupan Diktuba Polri.

Saat menemui para siswa Secaba, Kapolda sempat menanyakan sejumlah siswa yang berasal dari Provinsi Maluku Utara. Bahkan, diantara mereka yang ditanya, terdapat siswa yang ayahnya adalah seorang anggota Polri, bertugas di Polda Maluku.

“Siap (Saya) dari Ternate. Ayah saya anggota Polisi baru pindah di Polda Maluku,” kata siswa itu saat dihampiri Kapolda Maluku yang didampingi Komandan Secaba Rindam XVI/Pattimura.

Kapolda pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada komandan-komandan satuan TNI Kodam XVI/Pattimura beserta staf dan jajarannya. “Khususnya Danrindam dan hari ini yang hadir langsung adalah Dansecaba Rindam Kodam XVI/Pattimura yang juga menghadirkan siswa secaba yang sedang melaksanakan pendidikan,” katanya.

Para siswa Secaba Rindam XVI/Pattimura hadir bersama para pengasuhnya. “Mari kita doakan semoga para siswa Secaba ini nantinya akan menyelesaikan pendidikannya dengan lancar dan kembali untuk melaksanakan tugas di lapangan,” harapnya.

Kehadiran siswa Secaba Rindam Pattimura saat pelantikan Bintara Remaja Polri, menunjukan kuatnya sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri di provinsi Maluku.

“Saya menyampaikan terima kasih, semoga sinergitas dan soliditas TNI Polri di Maluku terus ditingkatkan. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan kepada kita dalam pelaksanaan tugas pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024