Categories: DaerahkuHeadline

Kebakaran Hutan di SBB Meluas, Kembakaran Hutan Meluas, Kapolres Minta Warga Tak Buang Putung Rokok Sembarangan

Share

AMBONKITA.COM-Kebakaran hutan kembali melanda wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku. Upaya pemadaman pun dilakukan warga bersama aparat TNI dan Polri.

Puluhan personil Polsek Waisala dan Polres SBB, Kodim 1513/SBB serta masyarakat Desa Waisala, terus berupaya untuk memadamkan kobaran api yang menghanguskan, puluhan hektar hutan dan lahan di wilayah desa tersebut.

Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, mengatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), terjadi  pada Sabtu (30/9/2023) sekitar pukul 10.45 WIT.

“Api baru diketahui sekitar pukul 11.00 WIT siang. Kebakaran itu terjadi di antara Dusun Hanunu dan Dusun Titamandiri Desa Waesala, Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten SBB. Kebakaran lahan pohon kayu putih dan ilalang,”katanya kepada wartawan di Mapolres SBB.

Menurutnya, peristiwa itu diduga pengendara kendaraan roda 2, 4 atau 6 sengaja membuang puntung rokok hingga berakibat pada terbakarnya lahan tersebut. Mengingat saat ini musim panas dan terdapat banyak rumput ilalang kering terletak pada bahu jalan.

“Sekitar 20 hektar lahan dan hutan yang ditumbuhi ilalang dan pohon kayu putih. Personil baik dari Polsek, Polres dan Kodim utamanya Babinsa bersama warga berkerja keras untuk memadamkan kobaran itu,”jelasnya.

Dikatakan, kebakaran hutan dan lahan itu berlangsung sekitar beberapa jam hingga akhirnya dipadamkan.

“Sekitar 4 jam api berhasil dipadamkan. Pemadaman menggunakan peralatan seadanya, dibantu dengan mobil pemadam kebakaran dan mobil water conen,”ujarnya.

Kapolres mengaku, setelah wilayah tersebut padam sekitar 16.00 WIT, api kembali terlihat Dusun Airmerah, desa Waisala.

“Setelah kebakaran diantara dusun Hanunu dan Tita Mandiri, kini api terlihat lagi di dusun Airmerah, dan sementara lagi dilakukan pemadaman,. Dipastikan kebakaran tidak berlangsung lama,”terangnya.

Kapolres mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok secara sembarangan, sebab bisa menimbulkan kebakaran hebat seperti yang terjadi di SBB belakangan ini.

“Mari kita jaga lingkungan kita. Jangan rusaki dengan cara-cara yang tidak baik, semisal membuang puntung rokok secara sembarangan,”pintahnya.

Editor : Husen Toisuta

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024