Kejati Maluku Didesak Tangkap Sekda SBT

Share

AMBONKITA.COM,- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku didesak untuk menangkap Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Jafar Kwairumaratu.

Desakan itu disampaikan Pengurus Wilayah Maluku Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) saat berunjuk rasa di kantor Kejati Maluku, Kota Ambon, Senin (3/7/2023).

Saat berunjuk rasa, SEMMI Maluku ikut membentangkan pamflet yang tertulis “Tangkap dan penjarakan Sekda SBT”.

Setelah sempat berorasi kurang lebih 1 jam, para pendemo kemudian diterima oleh Kasi Penyidikan Bidang Pidsus Kejati Maluku, Ye Oceng Almahdaly. Mereka diterima di ruang loby kantor Kejati Maluku.

Dalam pertemuan itu, Almahdali didampingi beberapa pejabat Kejati Maluku menerima berkas tuntutan aksi dari SEMMI Maluku yang hanya berisi satu poin tuntutan.

“Mendesak Kejaksaan Tinggi Maluku untuk menangkap saudara PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur atas dugaan kasus korupsi dana biaya SPPD dan makan minum senilai Rp 6 miliar,” tulis pendemo dalam poin tuntutan tersebut. Tututan itu ditandatangani Koordinator aksi yaitu Thoriq Karpailu, dan Hairul Rumata serta Ketum PW SEMMI Maluku, Moh Umar Rumakefing.

Atas tuntutan PW SEMMI Maluku tersebut, Ye Oceng Almahdaly, mengaku, pihaknya saat ini sedang menangani kasus korupsi di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten SBT.

BACA JUGA: Speedboat Tenggelam Dihantam Gelombang, Kanit Provos Polsek Fordata Ditemukan Meninggal

“Kasus korupsi lingkup Setda Kabupaten SBT saat ini sedang ditangani Kejaksaan Tinggi Maluku, sudah sampai pada tahap Penyidikan, sehingga kami mohon doa dan dukungannya tanpa dipengaruhi oleh kepentingan tertentu maupun intervensi dari pihak manapun, karena kinerja kami murni penegakan hukum dan tidak mencari-cari kesalahan orang lain,” tegasnya.

Sebelumnya, Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Wahyudi Kareba, mengaku penyidik sementara melakukan penyidikan terkait dugaan penyimpangan Anggaran Belanja Langsung dan Tidak Langsung pada Setda SBT Tahun 2021.

“Saat ini tim sedang melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Sudah sebanyak 10 orang saksi yang diperiksa,” kata Kareba kepada AmbonKita.com, Jumat (23/6/2023).

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024