Kim Markus Cs Akhirnya Ditetapkan sebagai Tersangka

Share

AMBONKITA.COM,- Kim Davids Markus Cs, terduga pelaku penganiayaan terhadap pedagang ternak Philipus Augustein di Pasar Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Ketiga pelaku penganiayaan yaitu Kim Davids Markus, Harun Lerrick, dan Herman Saknohiswy, rencananya juga akan ditahan setelah diperiksa sebagai tersangka.

Berdasarkan informasi yang dihimpun AmbonKita.com, Kim Markus Cs sebelumnya diamankan aparat gabungan dari Satreskrim Polres MBD, yang dibackup Ditreskrimum Polda Maluku.

Tiga pelaku kekerasan bersama itu diamankan di kawasan Suli Banda, Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Minggu (5/2/2023) malam atau sekira pukul 21.00 WIT.

Setelah berhasil diamankan, mereka langsung digelandang menuju Markas Ditreskrimum Polda Maluku untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Iya sudah (ditetapkan sebagai tersangka kasus kekerasan bersama),” kata Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Pol Andry Iskandar kepada AmbonKita.com, Senin (6/2/2023).

BACA JUGA: Istri Korban Pengeroyokan di MBD Desak Polda Maluku Tangkap Kim Markus Cs

Ketiga pelaku kasus pengeroyokan pada 2 Desember 2022 lalu itu rencananya akan ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

“Sementara dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu (setelah itu ditahan),” katanya.

Sebelumnya, Margaritha Lekipiouw, istri Philipus Augustine, korban pengeroyokan tersebut meminta aparat Polda Maluku untuk menangkap Kim Davids Markus, Harun Lerrick, dan Herman Saknohiswy, terduga pelaku penganiayaan suaminya.

“Guna menciptakan rasa aman bagi masyarakat khususnya korban dugaan tindak pidana kekerasan bersama dan juga tegaknya supremasi hukum, maka Kapolda Maluku harus segera menahan Kim Markus dan kawan-kawannya itu,” pinta Margaritha.

Ia mengatakan, kasus pemukulan terhadap suaminya sudah dilaporkan di hari yang sama peristiwa itu terjadi di Pasar Tiakur, 2 Desember 2022. Sejak dilaporkan tidak ada perhatian sama sekali, hingga Polda Maluku turun tangan.

“Apakah sesusah dan serumit ini kami masyarakat kecil mencari keadilan. Ini sungguh miris. Padahal dalam kasus ini semuanya sudah terang benderang,” sesalnya.

Menurutnya, belum ditangkapnya Kim Markus Cs berdampak kepada suaminya. Pasalnya, korban masih takut dan trauma melakukan aktivitasnya sehari-hari.

“Ini tentu saja akan berdampak pada keluarga kami. Jika korban tidak melakukan aktivitasnya lalu bagaimana dia menafkahi keluarga kami,” ujarnya.

Margaretha kembali mendesak Kapolda Maluku untuk segera menahan Kim Markus dan kawan-kawannya. Hal ini untuk memberikan kepastian hukum.

“Kami mendesak Polda Maluku untuk segera menahan Kim Markus dan kawan kawan, karena masalah ini telah terang benderang. Jika tidak ditahan maka akan menghancurkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian. Jangan akhirnya nanti idiom hukum tajam ke bawah tapi tumpul ke atas menjadi terbukti, dan akan hilang kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024