Categories: HeadlinePolitik

Komisi IV DPRD Maluku Usulkan Perda Khusus SMA Siwalima

Share

AMBONKITA.COM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku menyikapi positif usulan pembentukan peraturan daerah oleh Komisi IV DPRD Provinsi sebagai payung hukum yang secara khusus mengatur pengelolaan SMA Siwalima Ambon yang lebih profesional.

“Usulan Komisi sangat baik dan kami akan menyampaikan kepada kepala dinas guna dibahas lebih lanjut dalam rapat kerja lanjutan dengan komisi,” kata Kabid Sekolah Menengah Atas Dinas Dikbud Maluku Subaian Pelu di Ambon, Jumat (27/10/2023).

Menurut dia, usulan DPRD terkait pembenahan SMA Siwalima yang memerlukan payung hukum secara khusus dalam bentuk peraturan daerah selanjutnya akan dibahas lebih mendetail dengan semua pihak.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPRD Maluku Roviq Akbar Afifudin mengatakan, perlunya diatur secara terpisah antara yang mengelola asrama sekolah dan tidak menjadi satu dengan manajemen sekolah.

“Berbagai persoalan yang dibahas menyangkut masalah asrama siswa, ruang kelas, hingga fasilitas pendukung lainnya termasuk mutu dan kualitas pendidikan maupun para gurunya,” ucapnya.

Komisi juga mengusulkan agar SMA unggulan Siwalima Ambon ini dapat diatur tersendiri dengan sebuah Peraturan Daerah yang sifatnya mengikat sehingga seluruhnya memang diatur secara tata kelola, manajemen, apa sanksinya bila ada pelanggaran.

“Namun upaya ini baru sebatas usulan komisi dan belum final, sehingga diagendakan pertemuan ulang agar keputusan yang diambil bisa membawa kemaslahatan bagi masyarakat,” tandas Roviq.

Menyangkut alokasi dana dari APBD provinsi untuk SMA Siwalima sebesar Rp4,5 miliar tahun anggaran 2023 sebenarnya belum terlalu memadai.

“Alokasi anggaran dari pemda untuk sekolah itu tidaklah mencukupi karena di tahun anggaran 2023 hanya Rp4,5 miliar dan 2024 nanti sekitar Rp4,8 miliar,” ujarnya.

Menurut dia, anggaran daerah yang dialokasikan selama ini hanya bisa dikelola untuk membiayai makan-minum 200 dari 400 siswa yang ada di sana.

Sehingga kegiatan penunjang lainnya berupa kegiatan bimbingan belajar terpaksa ditiadakan, padahal SMA Siwalima punya program kelebihan seperti itu.

Untuk itu Komisi mendorong kreativitas kepala sekolah dan komite sekolah serta pihak terkait dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah itu.

Pewarta : Daniel Leonard/Antara
Editor : Tunggul Susilo

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024