Categories: AmbonkuHeadline

Kompor Jatuh Dua Rumah Warga di OSM Ambon Terbakar

Share

AMBONKITA.COM,- Dua unit rumah warga terbakar di kawasan jalan Nn Saar Sopacua RT 006 RW 05 Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (3/10/2023).

Kebakaran yang terjadi pukul 08.15 WIT ini diduga dipicu akibat jatuhnya kompor saat sedang memasak di rumah keluarga Jacob Manuputty, 60 tahun.

Kebakaran tersebut merembet membakar kamar rumah tetangga yakni Margareth Wattimena, 54 Tahun, seorang Pegawai Negeri Sipil.

“Ada dua rumah yang terbakar. Rumah keluarga Jacob Manuputty seluruhnya terbakar. Sementara rumah Ibu Margareth Wattimena hanya terbakar pada bagian kamar, yang ada di lantai dua,” kata Kasi Humas Polresta Pulai Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Janete S. Luhukay kepada AmbonKita.com.

Berdasarkan keterangan dari saksi Ny. Dominggas Saliama / Manuputty, 56 Tahun, Pegawai Honorer di STIA, mengatakan, kebakaran diketahui setelah dirinya mencuci peralatan makan di dapur. Ia kemudian terkejut melihat kompor yang sebelumnya digunakan untuk memasak air minum sudah terjatuh ke lantai. Saat terjatuh kompor naas itu masih dalam keadaan menyala.

BACA JUGA: Cegah Tawuran Pelajar, Polres Malra Gelar Pertemuan Bersama Warga

“Saksi langsung spontan mencoba melakukan pemadaman api secara manual, namun nyala api semakin membesar yang diakibatkan tumpahan minyak dari kompor merambat ke karton kosong dan kain pintu sehingga cepat terbakar dan merembet ke semua sisi rumah,” jelasnya.

Melihat hal itu, saksi sempat memutuskan sakral listrik dan langsung bergegas  menyelamatkan suaminya yang sementara sakit. Suami saksi (korban) kala itu berada di dalam kamar.

“Setelah itu saksi langsung meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan nyala api dengan alat seadanya, namun nyala api semakin membesar dan merembet ke bangunan rumah sebelah tepat pada salah satu kamar yang berada di lantai dua,” jelasnya.

Tak lama berselang, Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan WM Anakotta bersama personilnya tiba di TKP dan langsung melakukan pengamanan. Aparat kepolisian juga membantu warga memadamkan api secara manual.

“Pukul 08.30 WIT, tiga unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran tiba di TKP dan melakukan upaya pemadaman api. Seluruh bangunan yang terbakar berhasil dipadamkan,” katanya.

Peristiwa itu, lanjut Ipda Jane, tidak menimbulkan adanya korban jiwa. “Penyebab kebakaran akibat Kompor yang terbalik dengan posisi masih menyala,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024