Categories: AmbonkuMaluku

Kunjungi Ambon Ketum PKK Pusat Temui Lansia dan Salurkan Bantuan

Share

AMBONKITA.COM,- Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Tri Suswati Tito Karnavian, mengunjungi kota Ambon, Maluku, Kamis (10/11/2022).

Kedatangan Tri di Ambon disambut Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad. Mereka kemudian mengunjungi para Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha “Ina Kaka” Provinsi Maluku.

Saat menemui para Lansia, Tri Suswati langsung menyalurkan bantuan berupa sembako. Bantuan diberikan secara simbolis kepada perwakilan lansia.

Dalam sambutannya, Tri Suswati mengaku kunjungan yang dilakukannya merupakan salah satu dari program pokok TP-PKK, yaitu memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan para lansia.

“Tempat (panti inakaka) ini adalah tempat kita merawat mereka sebagai orang tua,” kata Tri.

Pada kesempatan itu, Tri juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TP-PKK Maluku yang telah memperhatikan para lansia. Ia berharap, kunjungan ini tidak hanya dilakukan di Kota Ambon saja, melainkan bisa dilaksanakan di seluruh daerah Maluku.

“Saya berharap dengan perhatian yang kita berikan ini para lansia yang juga orang tua kita bisa hidup sebaik-baiknya dengan fasilitas dari pemerintah dan TP-PKK. Kita harus menghormati dan menyayangi para lansia,” pintanya.

SALURKAN BANTUAN DI LAPANGAN MERDEKA

Selain mengunjungi para Lansia, Tri Suswati, yang didampingi Widya Pratiwi, juga menyalurkan bantuan kepada para lansia, balita, ibu hamil dan penyandang disabilitas.

Penyaluran bantuan berupa paketan sembako ini dilaksanakan di Tribun Lapangan Merdeka, Kota Ambon.

Selain sembako, bantuan lain yang diserahkan juga adalah peralatan UKS kepada para siswa, dan mesin pemanfaatan sabut kelapa kepada penerima manfaat, serta bantuan Obgyn Bed.

Tak hanya itu, istri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini juga meyerahkan dokumen administrasi kependudukan yang diterima secara simbolis oleh Fatimah Madilis, Christinus dan Diandra. Juga diserahkan buku nikah, kartu keluarga, akte kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP-el pemula dan bantuan secara simbolis yaitu rompi kader PKK muda.

BACA JUGA: Tahun 2023 Maluku Diharapkan sudah Memiliki Anggaran Pemberantasan Pungli

Pada kesempatan itu, Tri Suswati juga berkesempatan meninjau stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).  Stand usaha milik Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Barat Daya, Kepulauan Tanimbar, Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Buru, Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Kepulauan Aru, Kota Ambon, dan Kota Tual. Stand-stand itu menjajakan produk khas daerah masing-masing.

Tri Suswati mengatakan kunjungan kerjanya di Maluku merupakan kewajiban. Meskipun terletak di Timur Indonesia, Maluku tetap menjadi perhatian. Mengingat, kader TP-PKK yang ada di Maluku adalah kader pembangunan yang bekerjasama dengan pemerintah saat melaksanakan program kerja.

“Kehadiran kami di sini tak lain adalah  ingin berbagi dengan masyarakat yang ada di Maluku. Dan yang terpenting kami mengharapkan bantuan ini memberikan motivasi kepada kepengurusan PKK dimanapun berada untuk memberikan atensi kepada masyarakat rentan yang menjadi target dalam penerima manfaat dari program ini,” katanya.

Ia berharap jajaran TP-PKK kabupaten/kota yang hadir, untuk selalu memprioritaskan kebutuhan dasar masyarakat.

Menurutnya, TP PKK memiliki peran penting dalam memberikan edukasi dan motivasi dalam setiap kegiatannya demi menciptakan keluarga yang sehat di lingkungan masyarakat. Oleh sebab itulah peran PKK di setiap Pokja harus lebih dimantapkan lagi.

“Sebenarnya program kerja itu tidak usah muluk-muluk. Cukup memprioritaskan kebutuhan masyarakat setempat yang sejalan dengan program kerja pemerintah daerah. Dengan begitu akan sinkron nanti kerjasamanya,” pungkas Tri.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Maluku, Widya Pratiwi mengucapkan selamat datang kepada Ketum TP PKK dan rombongan.

Isteri Gubernur Maluku ini mengapresiasi TP-PKK pusat, memilih provinsi Maluku sebagai tempat kunjungan kerja sekaligus meninjau langsung program kegiatan TP-PKK Maluku dan menyerahkan beberapa paket bantuan kepada masyarakat Kota Ambon.

“Sebagai daerah kepulauan, Maluku kaya sumber daya alam laut, juga kaya pangan lokal seperti sagu dan umbi-umbian. Maluku juga terkenal sebagai provinsi penghasil rempah-rempah seperti cengkeh dan pala yang berkualitas tinggi,” kata Widya.

Sebagia mitra pemerintah daerah, TP-PKK Maluku, kata dia, ikut mendukung berbagai program pembangunan seperti menurunkan prevalensi Stunting / angka kematian ibu dan anak melalui revitalisasi Posyandu dan memerangi Buta Aksara lewat Literasi Anak Usia Sekolah.

“Berbagai kegiatan inovatif juga dilakukan TP-PKK kabupaten/kota seperti melakukan revitalisasi kelompok dasawisma, bursa inovasi desa yang melalui perubahan di desa lewat PKK dan berbagai inovasi lainnya,” ujar Widya.

Namun demikian, pihaknya tetap berharap akan arahan dari TP-PKK pusat. Mengingat, ke depan akan semakin berat tantangan karena adanya tuntutan era globalisasi dan persaingan yang semakin kompetitif. Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, mengharuskan kader TP-PKK untuk meningkatkan kontrol pada anak-anak dan keluarga agar ancaman “Salah pergaulan” dapat diantisipasi.

“Kondisi wilayah dan geografis Maluku membutuhkan kerja keras dan cerdas, sehingga pelayanan PKK dapat dirasakan hingga ke pelosok negeri. Kami yakin, TP-PKK provinsi dan kabupaten/kota tidak berjuang sendiri. Kedatangan TP-PKK pusat, menjadikan penyemangat dan motivasi untuk terus bekerja dan bermitra dengan berbagai komponen masyarakat lainnya, sehingga mampu mempercepat terwujudnya kesejahteraan keluarga di Provinsi Maluku,” tutup Widya.

Di tempat yang sama, Penjabat Sekretaris Daerah Maluku Sadali Ie berharap, kunjungan kerja TP-PKK pusat ke Maluku bisa mempererat kerjasama perihal program pembangunan pemerintah daerah, dalam rangka pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

“Mari kita bekerjasama, melakukan upaya pemberdayaan keluarga dan masyarakat khususnya peran perempuan melalui implementasi 10 program pokok PKK bagi kepentingan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,”  kata Sekda.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Seleksi Bintara Polri Polda Maluku Gelar Tes CAT Akademik Diikuti 982 Peserta

AMBONKITA.COM,- Seleksi penerimaan siswa Bintara Polri pada Polda Maluku tahun 2024 kembali berlanjut di kota…

05/22/2024

Indosat Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

AMBONKITA.COM,– PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) mencatat pencapaian…

05/21/2024

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024