Categories: Ambonku

Kunjungi SMA Negeri 2 Ambon Polantas Beri Edukasi dan Pelatihan Praktek SIM

Share

AMBONKITA.COM,- Personel Kepolisian Lalu Lintas (Polantas) Polda Maluku mengunjungi SMA Negeri 2 Ambon. Mereka memberikan edukasi tentang pentingnya berlalulintas yang baik.

Selain memberikan pemahaman lalulintas, para pelajar juga diberikan pelatihan uji praktek SIM untuk kendaraan roda dua. Ini karena para pelajar merupakan calon pengemudi kendaraan roda dua.

Kegiatan Police Goes to School yang berlangsung Senin (28/8/2023) ini merupakan rangkaian dari Operasi Simpatik Salawaku Tahun 2023 yang digelar Polda Maluku. Salah satu tujuannya yaitu meningkatnya disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas.

Direktur Lalu lintas (Lantas) Polda Maluku, Kombes Pol Rusdy Pramana Suryanagara, saat bertindak sebagai inspektur upacara bendera di SMA Negeri 2 Ambon, membacakan amanat Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif.

Ia mengatakan saat ini Polda Maluku dan jajaran sedang melaksanakan operasi Simpatik Salawaku sejak tanggal 21 sampai dengan 30 Agustus 2023. Operasi ini mengusung tema “Sadar berlalulintas sumbangsih keselamatan bangsa”.

BACA JUGA: Kantor DPRD Ambon Disatroni Maling, Rp 117 Juta Raib, Pelakunya Ternyata Oknum PNS

Operasi Simpatik Salawaku dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan yang bersifat preemtif, preventif dan edukasi kepada masyarakat.

“Polda Maluku juga akan memberikan penyampaian materi berlalu lintas serta pelatihan uji praktek SIM untuk kendaraan roda dua kepada kelompok remaja atau pelajar. Mereka merupakan calon pengemudi kendaraan roda dua,” kata Kapolda.

Disampaikan, permasalahan di bidang lalulintas dewasa ini telah berkembang sangat cepat dan dinamis. Hal ini merupakan konsekuensi dari meningkatnya kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk. Meningkatnya jumlah penduduk memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Berbagai permasalahan tersebut diantaranya meningkatnya pelanggaran lalulintas yang menyebabkan kecelakaan dan kemacetan.

“Berdasarkan data hingga bulan Agustus 2023, angka pelanggaran lalu lintas tercatat sejumlah 320 orang. Sementara jumlah kecelakaan lintas yang melibatkan pelajar sebanyak 20 orang,” jelasnya.

Sesuai data tersebut, anggota kepolisian memerlukan upaya penanganan secara profesional dan komprehensif. Ini agar terciptanya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcar lantas) sebagaimana yang diharapkan.

Irjen Latif mengharapkan agar melalui pelaksanaan operasi Simpatik Salawaku 2023 akan tercapai beberapa tujuan. Diantaranya; Meningkatnya disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas; Terciptanya situasi Kamseltibcar lantas secara optimal serta menurunnya angka kecelakaan lalulintas; Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan kita tertib dalam berlalu lintas; Menurunnya angka pelanggaran yang akan diimbangi dengan jumlah kecelakaan lalulintas; Menurunnya jumlah kepadatan arus lalu lintas, dengan kehadiran personil lalu lintas di lokasi kemacetan; Dan sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Saya ingin menekankan agar para peserta upacara sekalian selalu mengutamakan kepatuhan dan kedisiplinan dalam berlalu lintas serta menjadi pelopor keselamatan, keamanan dan ketertiban berlalu lintas,” tutup Kapolda.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024