Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Lagi, Satu Tersangka di Kasus SPPD Fiktif MBD Ditahan

Share

AMBONKITA.COM,- Penyidik Kejaksaan Negeri Maluku Barat Daya (MBD) menahan Yohanes Zacharias, tersangka kasus dugaan penyalahgunaan biaya langsung perjalanan dinas pada sekretariat MBD tahun 2017 dan 2018.

Penahanan terhadap pria 45 tahun yang merupakan mantan Bendahara Pengeluaran Setda MBD itu setelah penyidik melakukan tahap II di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, Kota Ambon, Senin (23/10/2023).

“Hari ini penyidik Kejaksaan Maluku Barat Daya telah melakukan penahanan terhadap satu orang tersangka berinisial YZ (Yohanes Zacharias) dalam kasus penyalahgunaan biaya langsung perjalanan dinas tahun 2017 dan 2018,” kata Kasi Penkum dan Humas Kejati Maluku, Wahyudi Kareba.

BACA JUGA: Kejari Ambon Tahan Enam Tersangka Perbankan pada Bank Modern Ekspres

Selaku bendahara pengeluaran, Yohanis membuat SP2D yang tidak sah. Dia lakukan dengan cara memasukkan nama peserta perjalanan dinas dari golongan PNS dan Non PNS. Padahal para peserta tersebut tidak melaksanakan perjalanan dinas, namun mendapatkan sebagian dari nilai yang tertera dalam SP2D. Sementara sebagian lainnya tidak diserahkan tersangka kepada pelaku perjalanan dinas yang tidak sah tersebut.

“Berdasarkan hasil perhitungan dari auditor kantor perwakilan BPKP Maluku tanggal 18 November 2022, kasus ini telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp1.565.855.600,” jelasnya.

Dalam kasus itu penyidik juga telah menetapkan tersangka Alfonsius Siamiloy, mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya terlebih dahulu. Tersangka ini sementara sedang menjalani persidangan.

Tersangka Alfianus dan Yohanis berdasarkan Surat Keputusan Bupati MBD Nomor : 900-5 Tahun 2017, Tanggal 02 Januari Tahun 2017 dan Surat Keputusan Bupati MBD Nomor : 900-5 Tahun 2018, diduga telah melakukan tindak pidana korupsi penyalahgunaan biaya langsung perjalanan dinas Setda MBD.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024