Categories: Ambonku

Meriahkan Sail to Indonesia di Ambon, Sketsa Maluku Hadirkan Ruang Bagi Pelaku Seni

Share

AMBONKITA.COM,- Ada yang menarik di Pantai Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Minggu (30/7/2023) kemarin. Kaihulu, Band Ethnic Reggae populer asal Ambon, mengiringi peluncuran Sketsa Maluku, sebuah platform 100% karya anak Maluku yang merupakan kolaborasi bersama dengan villa rumah Beta, untuk menghadirkan ruang bagi para pelaku seni di daerah ini.

“Di sketsa Maluku ini ada gambar sketsa yang dicetak pada beberapa produk seperti baju kaos, kemeja, tas dan lain sebagainya. Hanya memang yang baru ready untuk sekarang ini adalah kaos,” kata Elisbeth H. Nikijuluw, salah satu founder Sketsa Maluku, Selasa (1/8/2023).

Perempuan yang akrab disapa Yety dan aktif sebagai Deputi Ekonomi Kreatif Ambon Music Office (AMO) ini, mengaku, dari banyaknya gambar, dibuat sang suami, Elrio Dafcar Efruan, baru diluncurkan tiga gambar sketsa. Rio Efruan sendiri adalah founder Sketsa Maluku, dan juga vokalis Kaihulu Band.

“Setiap gambar kami cetak 50 pieces kaos. Jadi termasuk limited edition. Nanti kalau edisi berikut lagi, kami hadirkan gambar lain lagi, dan jumlahnya juga tetap 50. Memang tujuannya untuk menghasilkan satu karya yang berbeda dari biasanya. Artinya bukan sekedar gambar sketsa yang berakhir di atas kertas atau di media sosial saja tapi juga di media yang berbeda, dan betul-betul ini karya seni 100% digambar oleh anak Maluku,” jelasnya.

BACA JUGA: Ambon Tuan Rumah Kejuaraan Bola Voli Kapolri Cup 2023

Nama sketsa Maluku sendiri dipilih karena kata Yety, tujuan mereka ingin membuat gambar sketsa segala hal yang ada di Maluku khususnya untuk mempromosikan pariwisata ke depannya.

“Jadi mulai sketsa tentang seni budaya ataupun segala macam makanan. Pokoknya segala hal yang ada di Maluku. Termasuk kapal-kapal pesiar yang ada di Pantai Amahusu, dalam rangka Sail to Indonesia,” papar Yety.

Penampilan Kaihulu secara live music menandai launching Sketsa Maluku sekaligus menghibur para peserta Sail to Indonesia. Booth Sketsa Maluku, yang berada persis di Pantai Oma Teka, Balai Negeri Amahusu ini, ungkap Yety, juga menyediakan makanan dan minuman memeriahkan acara Sail to Indonesia.

“Sail to Indonesia itu, yatch-yatch-nya berlayar ke Indonesia keliling dari berbagai negara. Jadi pesertanya itu ada yang dari Amerika, Belanda, Spanyol dan sejumlah negara Eropa lainnya. Ini tentu sangat baik bagi kami untuk mengenalkan pariwisata Maluku, khususnya Kota Ambon lewat Sketsa Maluku,” ucap dia.

Menurut Yety, belasan kapal peserta Sail to Indonesia 2023 sebenarnya sudah mulai berlabuh di perairan Negeri Amahusu, sejak Sabtu (29/7/2023) dini hari. Namun warga Negeri Amahusu, baru menggelar acara penyambutan para peserta di hari Minggu (30/7/2023).

Dikatakan, berdasarkan informasi yang didapatnya dari panitia, 16 diantara 63 kapal layar peserta Sail to Indonesia telah tiba di Ambon, sejak Sabtu (29/7/2023). Sisanya akan tiba Jumat (4/8/2023). “Karena itu, booth Sketsa Maluku akan buka sampai Jumat nanti,” tutup Yety.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024