Categories: AmbonkuMaluku

Muswil 9 Muhammadiyah Maluku akan Dibuka Gubernur, 29 Calon Siap Dipilih Melalui E-Voting

Share

AMBONKITA.COM,- Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Maluku rencananya akan dilaksanakan di auditorium Kampus Universitas Pattimura, Kota Ambon, Maluku, Jumat (10/3/2023).

Muswil ke-9 ini rencananya dibuka Gubernur Maluku, Murad Ismail. Dua pengurus pusat Muhammadiyah dipastikan menghadiri Muswil. Yakni Prof Irwan Akib, dan Izzul Muslimin.

Ketua Panitia Muswil Muhammadiyah Maluku, Abdullah Marasabessy, mengungkapkan, kegiatan musyawarah akan dilaksanakan selama dua sampai tiga hari. Yaitu sejak Jumat besok, hingga Minggu (12/3/2023).

“Peserta yang akan dihadirkan dalam Muswil ini kurang lebih 130 orang yang berasal dari sembilan kabupaten/kota, dan ditambah satu kabupaten persiapan yaitu Maluku Tenggara Barat,” kata Marasabessy kepada wartawan di Ambon, Kamis (9/3/2023).

Ia mengaku, pembukaan muswil Muhammadiyah akan dihadiri sebanyak kurang lebih 1.500 undangan. Terdiri dari Forkopimda Maluku, Para Rektor, Pimpinan Partai Politik, dan undangan lainnya.

“Yang hadir nanti Pak Gubernur, Rektor Unpatti, Ketua DPRD, Ketua Kejaksaan Tinggi, Pangdam, Kapolda dan pimpinan-pimpinan eselon II, lalu ditambah pimpinan-pimpinan partai politik, Ormas dan unsur kepemudaan, kemahasiswaan, dan juga Majelis Taklim yang kami hadirkan, dan sebagainya,” jelasnya.

Marasabessy mengaku, mekanisme muswil Muhammadiyah berbeda dengan organisasi lainnya yang umumnya memilih ketua.

“Di Muhammadiyah bukan memilih ketua, tapi memilih anggota pimpinan wilayah. Sehingga dari suksesi ke suksesi kita itu tidak pernah terjadi gesekan karena Yang dipilih itu adalah bukan ketuanya tapi anggota pimpinan,” jelasnya.

BACA JUGA: Khawatir Kabur, Mantan Pejabat Negeri Abubu Tersangka Korupsi ADD-DD Ditahan Jaksa

Pada Muswil nanti, sebanyak 29 orang calon anggota pimpinan wilayah akan dipilih dari 50 peserta yang terdaftar. Dari 29 calon tersebut, akan terpilih sebanyak 11 orang anggota pimpinan wilayah Muhammadiyah Maluku.

“Untuk Maluku dari 29 calon anggota pimpinan itu akan dipilih 11. Terkait dengan struktur kepengurusannya itu nanti setelah terpilih unsur pimpinan, baru kemudian unsur pimpinan terpilih itu akan berembuk untuk menentukan struktur kepengurusan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Wilayah Muhammadiyah Maluku, Abdul Haji Latua, menambahkan, proses pemilihan calon anggota pimpinan sudah selesai. Dari 50 orang yang diseleksi panitia, tersisa 29 calon.

“Pada Sabtu (11/3/2023) sore nanti, 29 calon ini akan dipilih secara e-voting jadi melalui IT karena ini dipandu dari pusat,” jelasnya.

Menurutnya, pemilihan pimpinan Muhammadiyah yang baru saat ini tidak lagi dilakukan secara manual.

“Pemilihan kita sudah tidak lagi seperti dulu secara manual. Jadi pakai e-voting. Jadi peserta sudah terdata betul. Nama-namanya siapa yang berhak memilih, sudah ada. Tidak seluruh yang hadir berhak memilih, jadi ada namanya anggota musyawarah wilayah yaitu yang mempunyai hak memilih,” jelasnya.

Di sisi lain, Latua mengungkapkan, Muhammadiyah telah hadir di Maluku sejak tahun 1926 silam.

“Jadi musyawarah besok ini kami mengusung tema “memajukan Maluku mencerahkan Indonesia,” jelasnya.

Tema tersebut, kata dia, memberikan pesan kepada seluruh komponen bangsa termasuk pemerintah dan kekuatan politik. Pesan yang disampaikan agar secara kolektif kolegial mengerahkan segala daya dalam menggelorakan semangat pemikiran dan tindakan-tindakan nyata.

Hal tersebut dilakukan untuk saling bekerja sama mencerahkan kehidupan bangsa demi kemaslahatan serta kemajuan bangsa Indonesia.

“Dari tema itu diharapkan bahwa segenap komponen anak bangsa termasuk di dalamnya Muhammadiyah harus berkomitmen menjadikan negara Indonesia ini sebagai tempat kita buktikan karya-karya terbaik kita,” ungkapnya.

Dia mengatakan, setelah pembukaan musyawarah dilakukan oleh Gubernur Maluku, selanjutnya akan terdapat pembahasan komisi.

“Ada tiga komisi yang akan dibahas, yaitu komisi organisasi, komisi program umum, dan komisi yang berkaitan dengan rekomendasi. Terkait hal ini, Muhammadiyah sudah terbiasa. Kami sangat menjunjung tinggi dalam permusyawaratan. Semoga Muswil ini mambawa manfaat bagi Maluku,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024