Operasi Zebra Salawaku di Ambon, 165 Ranmor Kena Tilang Elektronik

Share

AMBONKITA.COM,- Selama Operasi Zebra Salawaku 2022 digelar, sebanyak 165 kendaraan bermotor (ranmor) yang melakukan pelanggaran lalu lintas kena tilang elektronik.

Operasi lalu lintas yang digelar Kepolisian Daerah Maluku dengan sandi Zebra Salawaku tahun 2022, berakhir, Minggu (16/10/2022).

Selama 14 hari pelaksanaan yang dimulai pada 3 Oktober 2022 lalu, tercatat ratusan pelanggaran dilakukan kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua di kota Ambon.

Selain pelanggaran, selama Ops Zebra Salawaku, juga ditemukan kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan kerugian material, korban jiwa, maupun luka-luka.

BACA JUGA: Operasi Zebra Salawaku 2022 Resmi Digelar di Maluku

“Selama 14 hari Ops Zebra Salawaku, kami mencatat sejumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Kami juga menemukan kejadian kecelakaan lalu lintas di kota Ambon,” kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes M. Rum Ohoirat.

Ratusan pelanggaran yang ditemukan terekam electronic traffic law enforcement (ETLE) Statis atau tilang elektronik tercatat sebanyak 90 kali. Sementara yang terekam ETLE Mobile sejumlah 75 pelanggaran.

Selain pelanggaran lalu lintas, operasi Zebra yang digelar serentak di Indonesia ini, juga ditemukan sejumlah kecelakaan lalu lintas di kota Ambon.

“Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kota Ambon menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 2 kasus, luka berat 2 kasus, dan luka ringan 7 kasus,” jelasnya.

Selain menimbulkan korban jiwa, kecelakaan lalu lintas tersebut juga menyebabkan kerugian material sebanyak Rp44 juta.

“Kami juga melakukan teguran terhadap pelanggar Lalu lintas sebanyak 920 kali,” ucapnya.

Rum berharap, operasi Zebra Salawaku 2022 yang digelar tersebut dapat menimbulkan kesadaran lalu lintas bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan.

“Kami harap ada kesadaran masyarakat, sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) di kota Ambon, dan secara umum di Maluku,” harapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024