Categories: Ambonku

PLN Kuatkan Sistem Kelistrikan Kota Ambon

Share

AMBONKITA.COM,- Jelang akhir tahun 2022, PLN melalui Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku dan Papua menguatkan sistem keandalan listrik di kota Ambon.

Sistem keandalan ditingkatkan dengan pemberian tegangan listrik (energize) pada jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GIS Passo – GI Sirimau, GIS 150 kV Passo Bay Line Arah Sirimau, dan Gardu Induk (GI) 150 kV Sirimau Bay Line Arah Passo.

Manager UPP Maluku, Nugroho Budi Sulaksono, mengaku, energize proyek dilakukan pada Minggu malam (18/12/2022) atau pukul 22.00 WIT. Dengan demikian, telah terjadi penguatan sistem kelistrikan, khususnya di Kota Ambon.

Ia mengaku energize dilakukan setelah seluruh rangkaian tahapan dilaksanakan, seperti test and commisioning yang ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PT PLN (Persero) pusat sertifikasi.

“Sementara proyek kami yang telah mencapai tahap energize kali ini merupakan jalur transmisi atau SUTT terdiri atas 40 tower yang membentang sepanjang 12,162 kilometer,” kata Nugroho, Senin (19/12/2022).

BACA JUGA: PLN Bangun SUTT Belah Pulau Buru

General Manager UIP Maluku dan Papua, Sukahar, mengatakan keberhasilan energize yang dilakukan Unit Pelaksana Proyek (UPP) Maluku adalah wujud komitmen PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang andal khususnya masyarakat kota Ambon.

“Ini merupakan lanjutan proyek kami, dimana sebelumnya pada Rabu (14/12/2022) pukul 23.38 WIT, kami telah lakukan energize pada SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker – GIS Passo. Tentunya ini juga upaya PLN dalam memperkuat sistem kelistrikan di Ambon. Keandalan sistem kelistrikan memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian masyarakat di kota Ambon,” ungkapnya.

Mewakili PLN, Sukahar menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Ambon, seluruh instansi dan lembaga negara, serta seluruh lapisan masyarakat.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan karena telah mendukung PLN hingga dapat menyelesaikan salah satu pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini,” sebutnya.

Sebelumnya, PLN telah melaksanakan energize untuk pekerjaan rekonfigurasi sistem Ambon pada SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker – GIS Passo pada Rabu lalu. Sebagai komitmen PLN, SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker – GIS Passo Sirkit 2 juga sedang dilakukan pengujian hingga berlanjut tahap energize dalam waktu dekat.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Seleksi Bintara Polri Polda Maluku Gelar Tes CAT Akademik Diikuti 982 Peserta

AMBONKITA.COM,- Seleksi penerimaan siswa Bintara Polri pada Polda Maluku tahun 2024 kembali berlanjut di kota…

05/22/2024

Indosat Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

AMBONKITA.COM,– PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) mencatat pencapaian…

05/21/2024

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024