Polda Maluku Lakukan FGD Buat Buku Potret Keselamatan Lantas di Indonesia

Share

AMBONKITA.COM,- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku melakukan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) untuk pengumpulan data premier pengembangan materi buku potret keselamatan lalu lintas (lantas) di Indonesia.

Buku potret keselamatan lantas di Indonesia yang akan diluncurkan tahun 2023 ini merupakan edisi ke-7. Kegiatan ini dibuka ketua tim dari Korlantas Polri, Kombes Pol Heri Rio Prasetyo. FGD berlangsung di gedung RTMC Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (2/11/2023).

Direktur Lantas (Dirlantas) Polda Maluku, Kombes Pol Rusdy Pramana Suryanagara, menyampaikan, momen ini sangat penting dilaksanakan khususnya di Polda Maluku.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada tim Korlantas Polri yang telah hadir untuk memberikan materi dalam kegiatan ini. Saya harapkan kepada seluruh peserta yang hadir agar lebih serius untuk dapat menerima materi-materi yang diberikan oleh para narasumber nanti,” pintanya.

BACA JUGA: Jelang Pemilu 2024, Polda Maluku Patroli Dunia Maya

Ketua tim dari Korlantas Polri, Heri Rio Prasetyo, mengungkapkan, dalam Undang-Undang lalu lintas dan angkatan jalan mengatur tentang mewujudkan dan memelihara kamseltibcarlantas, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, dan membangun budaya tertib berlalu lintas.

“Tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapat gambaran situasi, stakeholder, dalam melaksanakan rencana aksi keselamatan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan sebagai tujuan dari program kegiatan dari tingkat daerah guna mewujudkan kamseltibcarlantas,” kata Kombes Heri.

Kegiatan ini akan terlihat tingginya trend kecelakaan, dan pelanggaran. Sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih disiplin dan terhindar dari risiko sebagai korban kecelakaan lalu lintas.

“Terkait dengan buku potret keselamatan lalu lintas, materi penyusunan buku ini bersumber dari data premier dan data sekunder yang dapat saling melengkapi, agar ke depan data yang disajikan dalam buku ini akan semakin valid karena didukung oleh informasi update dari petugas yang melakukan tugas preventif, pengaturan, penjagaan dan patroli melalui aplikasi eturjawali yang sudah aktif sejak 2021,” ungkapnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024