Categories: AmbonkuHeadline

Ribuan Warga Muslim di Ambon Pawai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah

Share

AMBONKITA.COM,- Ribuan warga Muslim membanjiri lapangan Merdeka, kota Ambon, Maluku, Rabu (19/7/2023) pagi. Mereka menggelar pawai napak tilas tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah.

Pawai napak tilas digelar atas kerjasama Kementerian Agama Kota Ambon dan BPKRMI Maluku. Iring-iringan pawai dilepas Pejabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Maluku, Rabu (19/7/2023).

“Kami BPKRMI menyampaikan terima kasih kepada masyarakat kota Ambon, kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini,” kata Ahmad Ilham Sipahutar, Ketua DPW BPKRMI Maluku.

Pawai napak tilas 1 Muharram 1445 Hijriah dilakukan untuk mewujudkan syiar Islam di bumi Ambon Manise. Kegiatan ini sangat penting sebagai pembelajaran kepada khususnya generasi muda, generasi milenial.

“Kita tidak boleh lupa tahun baru Islam di samping tahun baru Masehi. Tahun baru Islam menjadi penting karena ini merupakan penopang untuk hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah,” katanya.

Pejabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, tampak mengangkat bendera pertanda dilepasnya ribuan warga Muslim, peserta pawai napak tilas 1 Muharram 1445 Hijriah di lapangan Merdeka, Kota Ambon, Rabu (19/7/2023). Ia tampak didampingi Kepala Kemenag Kota Ambon dan Ketua BPKPRMI Maluku. (Foto: Husen Toisuta/AmbonKita.com)

Senada dengan ketua DPW BKPRMI Maluku, H.R.A Fachrurazy Hassanusi, Kepala Kemenag Kota Ambon, berharap kegiatan ini bukan sekedar hura-hura tapi hikmahnya dapat diambil sebagai semangat keagamaan. “Semoga Allah merahmati kita semua,” pungkasnya.

BACA JUGA: Selama 14 Hari Operasi Patuh Lalulintas Bergulir di Maluku

Sementara itu, Pejabat wali kota Ambon, Bodewin Wattimena, menyambut gembira datangnya tahun baru Islam 1445 Hijriah. “Tentunya ini bermakna penting tidak saja bagi umat Islam, tetapi juga bagi kita semua, karena tahun baru Islam bukan hanya tentang mengingat peristiwa bersejarah hijrahnya Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dari Mekah ke Madinah, tetapi juga menyatukan umat Islam dari semangat kebersamaan, refleksi dan perbaikan diri dalam kehidupan bersama,” ungkapnya.

Ribuan warga Muslim di kota Ambon menggelar pawai napak tilas 1 Muharram 1445 Hijriah. Tampak warga melintas di jalan Slamet Riyadi, kota Ambon, Rabu (19/7/2023). (Foto: Husen Toisuta/AmbonKita.com)

Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah kota Ambon, Wattimena pun mengucapkan selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam di Kota Ambon.

“Semoga di tahun baru Hijriah ini kita bisa memantapkan diri dalam beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Kuasa serta diberikan kemudahan dalam hidup serta senantiasa diberikan nikmat dan berkah dalam kehidupan kita,” harapnya.

Usai seremoni, ribuan warga Muslim, peserta pawai napak tilas 1 Muharram 1445 Hijriah, langsung dilepas oleh Pejabat Wali Kota Ambon, didampingi Kepala Kemenag Kota Ambon dan Ketua BKPRMI Maluku.

Diiringi marching band dari sekolah MAN 1 Ambon, SMA Negeri 11 Ambon, dan MTs Negeri Ambon, serta musik sawat, ribuan warga berjalan mengelilingi pusat kota Ambon sambil melantunkan Shalawat Nabi Muhammad SAW.

Dari lapangan Merdeka, ribuan warga berjalan melintasi Jalan Slamet Riyadi, Pattimura, Belakang Kantor Gubernur Maluku, Sultan Hairun, A.Y. Patty, A.M Sangadji, Tugu Trikora, Pohon Pule, Sultan Babulah, dan kembali ke garis star/finish.

Pawai napak tilas 1 Muharram 1445 Hijriah ini dikawal ketat oleh aparat kepolisian dari Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, sekaligus mengatur arus lalu lintas.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024