Categories: Maluku

Semua Catar Akpol Terpilih Diharapkan Jadi Motivasi Para Pemuda di Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, berharap lulusnya empat Calon Taruna Akpol dapat menjadi motivasi bagi para pemuda pemudi di provinsi Maluku.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga mengaku bangga atas kelulusan yang dicapai semua Catar Akpol Panda Polda Maluku pada seleksi penerimaan tingkat pusat tahun 2023.

Animo penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di provinsi Maluku sendiri sangat banyak. Tahun 2023 ini, tercatat sebanyak 225 orang yang mengikuti seleksi. Setelah melalui serangkaian tahapan, Panda Polda Maluku lalu mengirim empat catar untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Akpol Semarang, Jawa Tengah. Mereka semuanya dinyatakan lulus.

“Banyak yang ragu untuk masuk Akpol padahal semua peluang terbuka,” kata Irjen Latif, Selasa (25/7/2023).

BACA JUGA: Seleksi Pusat, Empat Catar Akpol dari Maluku Lulus

Menurutnya, menjadi seorang Akpol tidak membutuhkan biaya alias gratis. Yang paling penting yaitu mempersiapkan diri, kesehatan dan jasmani serta pengetahuan umum dengan baik.

“Saya sangat bangga dengan peserta yang dikirim dari Maluku karena semua lolos dan tidak ada yang dikembalikan,” kata dia.

Dengan diterimanya keempat Catar Akpol dari Maluku, menunjukkan proses rekrutmen sudah baik sehingga memenuhi standar nasional yang ditetapkan pada seleksi tingkat pusat.

“Saya mendorong putra/putri Maluku untuk jangan ragu bila ingin ikut seleksi taruna atau taruni, semua transparan dan akuntabel, dan tidak ada prioritas-prioritas bagi anak siapapun,” tegasnya.

Seleksi Akpol dilakukan secara transparan. Bahkan diawasi oleh pihak internal maupun eksternal. Sehingga peluang untuk manipulasi atau memprioritaskan seseorang sangat sulit.

“Banyak anak pejabat Polisi yang juga gagal dalam seleksi karena standar nilai tidak memenuhi syarat, sebaliknya banyak anak orang biasa bahkan mampu yang lolos terpilih menjadi Taruna/Taruni Akpol,” pungkasnya.

Untuk diketahui, empat Catar Akpol yang dinyatakan lulus dalam seleksi tingkat pusat berasal dari keluarga sederhana. Tiga merupakan Taruna dan seorang Taruni Akpol.

Mereka diantaranya Brian Lois Sopacua yang berasal dari Polres Tual. Ayahnya adalah anggota Biddokkes Polda Maluku berpangkat Iptu. Sementara Ibu dari pemuda 19 tahun kelahiran kota Tual ini merupakan seorang bidan di Puskesmas Un, kota Tual.

Sementara Dimas Apriansyah Samak, pemuda 19 tahun kelahiran Waelete, Kabupaten Buru ini berasal dari Polres Pulau Buru. Ayahnya seorang pensiunan PNS, sedangkan ibunya hanya sebagai ibu rumah tangga.

Sedangkan Thimotius Keliduan, lelaki 18 tahun kelahiran Bogor ini berasal dari Polres Kepulauan Aru. Ayahnya seorang PNS di kantor dinas pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten Kepulauan Aru, sementara ibunya PNS di kantor dinas transmigrasi dan tenaga kerja.

Untuk Taruni Akpol yaitu Regita Anggraini Budiono, berasal dari Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Ayahnya seorang anggota TNI AU di Lanud Pattimura dengan pangkat Sertu. Sementara ibunya adalah staf tata usaha di kantor stasiun meteorologi Pattimura.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024