Categories: HeadlinePolitik

Survei Polling Institute : Prabowo Unggul Jauh 36,3% Atas Ganjar dan Anies, Termasuk Head to Head

Share

AMBONKITA.COM-Lembaga Survei Polling Institute merilis hasil temuan barunya berkenaan dengan Simulasi 3 nama calon presiden yang mengemuka saat ini diantaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hasilnya, nama Prabowo masih jauh menduduki posisi teratas capai 36,3% ketimbang para lawannya yakni Ganjar dan Anies. Hal itu dikupas tuntas oleh Kennedy Muslim Peneliti Polling Institute bersama dengan Seth Soderbogh Peneliti Politik Indonesia Harvard University.

“Pak Prabowo kembali unggul 36,3%, Ganjar 32,4% dan Anies 20,0%. Tapi, kalau kita bandingkan dengan survei-survei lembaga survei lain, Pak Prabowo kembali unggul hampir 4% dari Pak Ganjar dan Pak Anies suaranya relatif konstan.” ungkap Kennedy Muslim Peneliti Polling Institute dalam survei bertajuk Peta Persaingan Capres Cawapres dan Isu-Isu Terkini, Minggu (10/9/2023).

Survei ini dilakukan pada periode 21-26 agustus 2023 dengan menggunakan Metodologi Random Digit Dialling atau pembangkitan nomor telepon secara aca.

Adapun sampel yang digunakan untuk survei Polling Institute sebanyak 1200 responden dengan kisaran Margin of Error kurang lebih 2.9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Simulasi Head to Head kandidat calon presiden yang dilakukan oleh Polling Institute mengungkap bahwa Prabowo Subianto mendapatkan perolehan lebih unggul jauh dengan 47,9% versus Ganjar Pranowo 38,3%.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim mengungkap hal itu ketika mengajukan pertanyaan kepada 1200 responden yang diperolehnya melalui pertanyaan, “Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu pilih?”

“Simulasi dua nama yang lolos ke putaran ke dua kan Prabowo vs Ganjar. Pak Prabowo unggul keunggulannya lumayan sekitar 8-9%. Oh, 9,6% hampir 10%,” kata Kennedy.

Kemudian, Seth Soderbogh Peneliti Politik Indonesia Harvard University turut membandingkan hasil survei simulasi dua nama antara Prabowo lawan Ganjar pada bulan Mei dan Juli tahun 2023, selisihnya lebih kecil hingga 4%.

“Kalau dibandingkan dengan survei lain ini dekat dengan simulasi dua nama, yang masuk lapangan bulan mei, bulan Juli ada beberapa survei lain gap nya lebih kecil 6 atau 4%. Ini seperti di bulan Mei dan Juli.” ujar Seth Soderbogh.

Survei ini dilakukan pada periode 21-26 Agustus 2023 dengan menggunakan Metodologi Random Digit Dialling atau pembangkitan nomor telepon secara aca.

Adapun sampel yang digunakan untuk survei Polling Institute sebanyak 1200 responden dengan kisaran Margin of Error kurang lebih 2.9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu, head to Head Simulasi dua nama antara kandidat calon presiden Prabowo Subianto melawan Anies Baswedan diungkap oleh Polling Institute. Hasilnya Prabowo jauh lebih unggul atas Anies dengan selisih 30%.

Pada data yang diungkap Polling Institute ini, Peneliti Kennedy Muslim menjabarkan simulasi jika pilpres diadakan pada hari ini dan tersisa dua nama yakni Prabowo dan Anies, Prabowo akan menang telak melawan Anies.

“Di dua nama prabowo dan anies jauh lebih unggul lagi Prabowo vs Anies selisihnya jauh lagi 30%. Prabowo 56,0% sementara Anies 26,0%. Karena asumsinya, pendukung Ganjar lari ke Prabowo.” papar Kennedy.

Survei ini dilakukan pada periode 21-26 Agustus 2023 dengan menggunakan Metodologi Random Digit Dialling atau pembangkitan nomor telepon secara aca.

Adapun sampel yang digunakan untuk survei Polling Institute sebanyak 1200 responden dengan kisaran Margin of Error kurang lebih 2.9% dan tingkat kepercayaan 95%. (***)

**) Ikuti berita terbaru Terasmaluku.com di Google News klik link ini dan jangan lupa Follow.

Recent Posts

Indosat Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

AMBONKITA.COM,– PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) mencatat pencapaian…

05/21/2024

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024