Tes CASN Kemenkumham Maluku Dibagi Tiga Sesi, Diikuti 900 Peserta

Share

AMBONKITA.COM- 900 peserta Calon Aparat Sipil Negara (CASN) mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku.

Hari pertama pelaksanaan tes SKD berbasis CAT itu dilaksanakan di Lantai II Gedung Islamic Center, kawasan Waihaong, Kota Ambon, Minggu (10/10/2021).

Pelaksanaan tes CASN yang digelar hari ini menerapkan protokol kesehatan covid-19. Di mana, waktu pelaksanaan dibagi atas tiga sesi. Setiap sesi diikuti 300 peserta yang dimulai dari pukul 08.00 WIT, 11.00 WIT dan 14.00 WIT.

Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, menghimbau para peserta agar tetap menjaga protokol kesehatan yang dianjurkan. Ia juga memberikan motivasi dan semangat kepada ratusan peserta yang mengadu nasib tersebut.

“Harapan kami sebagai pelaksana tes ini, agar adik-adik sekalian bisa mengikuti standar protokol kesehatan yang sudah disusun,” pinta Andi dalam sambutannya.

Andi menyampaikan setelah pelaksanaan tes hari ini, informasi selanjutnya bisa diakses melalui media sosial Kanwil Maluku. Ini dilakukan agar tidak terjadi kerumunan.

“Jadi tidak harus berkerumun. Saya berharap agar adik-adik bisa memberikan yang terbaik untuk membuktikan kualitas SDM Maluku. Kerja dengan baik, penuh semangat dan jangan lupa dibarengi dengan doa,” imbuhnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, tampak memberikan arahan kepada peserta seleksi.

Penanggung jawab tes SKD berbasis CAT Kemenkumham Maluku 2021 ini yaitu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Saiful Sahri.

Menurut Saiful, seluruh panitia telah mengupayakan agar pelaksanaan tes CASN bisa berjalan sesuai aturan namun tetap dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam briefing sudah kami sampaikan untuk sebisa mungkin mengurai kerumunan peserta. Dan mengarahkan untuk update informasi dapat di akses melalui media sosial Kanwil Maluku,” kata dia.

Kepala Lapas Klas IIA Ambon ini mengaku terkait disiplin berpakaian hingga kelengkapan dokumen, pihaknya sudah berupaya agar tidak mempersulit peserta.

“Untuk disiplin dari berpakaian sampai dengan kelengkapan dokumen, sebisa mungkin kami upayakan pendekatan secara humanis dan tidak mempersulit peserta untuk mengikuti ujian,” katanya.

Untuk diketahui, pelaksanaan tes SKD berbasis CAT bagi CASN Kemenkumham Maluku direncanakan berlangsung hingga Sabtu (16/10/2021) mendatang. Dari 900 peserta yang ikut, Kemenkumham Maluku nantinya hanya akan menerima kurang lebih 150 peserta di sejumlah formasi.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024