Categories: Ambonku

Usai Ledakan Kecil Dua Rumah PNS di Waiheru Terbakar

Share

AMBONKITA.COM,- Dua unit rumah milik Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di kawasan RT 002 RW 003 Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, terbakar.

Kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting) yang berasal dari rumah Robo Haupea, 56 tahun, hingga merembet membakar sebagian rumah Hariano.

Beruntung, peristiwa kebakaran itu tidak ada yang menyebabkan warga terluka. Hanya saja, kerugian material yang dialami ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Untuk penyebab kebakaran tadi pukul 11.00 WIT sementara ini belum diketahui pasti dan masih diselidiki, namun dugaan sementara akibat korsleting listrik pada MCB yang berada di lantai dua rumah korban,” kata Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Janete S. Luhukay, Jumat (20/10/2023).

BACA JUGA: Satgas OMB Salawaku 2024 Diminta Koordinasi Pemasangan CCTV di Kantor KPU dan Bawaslu

Luhukay mengatakan, berdasarkan keterangan saksi Fadel Haupea, 23 tahun, peristiwa kebakaran diketahui setelah dirinya mendengar bunyi ledakan kecil dari lantai 2 rumahnya.

“Saksi saat itu berada di rumah lantai satu, tiba-tiba mendengar bunyi ledakan kecil pada rumah lantai dua. Ia langsung naik ke lantai dua, dan saat sampai di tangga saksi sudah melihat asap tebal,” ungkapnya.

Melihat kondisi itu, mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Ambon ini berinisiatif memadamkan api menggunakan alat seadanya. Ia mengambil ember terisi air dan menyiram api. Sayangnya, api sudah terlanjur menjalar ke seluruh bagian rumah lantai 2.

“Bangunan rumah semi permanen (perpaduan kayu dan beton) yang mudah terbakar selanjutnya api merembet ke atap rumah milik keluarga Hariano yang dimana kedua rumah tersebut berdampingan,” jelasnya.

Kurang lebih 15 menit berlalu, sebanyak 4 unit mobil pemadam kebakaran tiba di TKP. Dibantu warga sekitar kemudian melakukan pemadaman. “Api berhasil dipadamkan pukul 12.20 WIT,” tambahnya.

“Tidak ada korban jiwa. Namun rumah Bapak Robo Haupea pada lantai 2 beserta seluruh isinya terbakar yang kerugiannya diperkirakan mencapai kurang lebih seratus lima puluh juta rupiah. Sementara rumah Bapak Hariano terbakar pada bagian atap dengan kerugian diperkirakan mencapai kurang lebih empat puluh juta rupiah,” tambahnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024