Categories: AmbonkuHeadline

Warga Ambon Gelar Aksi Kemanusiaan Peduli Palestina

Share

AMBONKITA.COM,- Ratusan warga kota Ambon, Maluku, menggelar aksi kemanusiaan peduli Palestina yang berlangsung di persimpangan jalan Masjid Raya Alfatah, Kota Ambon, Sabtu (4/11/2023).

Dalam aksinya, warga yang tergabung dalam berbagai OKP dan Ormas Islam ini mengecam tindakan Zionis Israel yang membunuh ribuan warga sipil tak berdosa di Palestina. Banyak diantaranya anak-anak dan perempuan terbunuh akibat bom Israel.

Ratusan massa aksi sebelumnya berkumpul di pelataran Masjid Raya Alfatah Ambon sejak pukul 08.00 WIT. Mereka kemudian melakukan longmarch mengitari ruas jalan AY Patty, Sam Ratulangi, Yos Sudarso hingga kembali ke persimpangan jalan depan Masjid Raya Alfatah Ambon.

Selain berorasi mengecam tindakan brutal Zionis Israel, masa aksi yang dikawal aparat kepolisian ini juga melakukan penggalangan dana untuk membantu warga Palestina.

Tampak, warga Ambon yang mengendarai kendaraan bermotor, para penumpang mobil angkutan umum, hingga pejalan kaki, memberikan bantuan uang yang dimasukan ke dalam kardus.

Aksi solidaritas yang diprakarsai oleh Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Ambon ini berjalan aman dan lancar.

Ustadz Arsal Tuasikal, mengaku, persoalan Palestina sebenarnya bukan terkait perang antara Islam dan Yahudi, tapi ini adalah masalah kemanusiaan.

BACA JUGA: Polda Maluku dan Densus 88 AT Polri Gelar Dialog Kebangsaan, Ini Sasarannya

“Karena di Palestina ada warga Nasrani juga yang kemarin rumah sakitnya di bom. Masalah di Palestina adalah masalah yang tanahnya di ambil oleh zionis yahudi,” katanya.

Aksi solidaritas peduli Palestina ini, kata Arsal, juga merupakan momentum terbaik untuk memberikan informasi kalau kasus Palestina adalah murni persoalan kemanusiaan.

“Kasus Palestin bukan masalah agama dan lain-lain. Maka jika memiliki kemanusiaan yang tinggi, seluruh dunia sudah bergabung tentang masalah itu,” ungkapnya.

Senada dengan Arsal, Ustadz Nursaid, Ketua Ikadi Kota Ambon, juga mengaku persoalan Palestina adalah masalah kemanusiaan. “Kita tidak memandang agama, dan aksi ini murni kemanusiaan,” ungkapnya.

Aksi penggalangan dana untuk membantu Palestina, kata Nursaid, dijadwalkan berlangsung selama dua pekan sejak hari ini hingga 18 November 2023.

“Kita longmarch (galang dana) sampai JMP. Kita juga akan galang di Masjid-masjid sampai tanggal 18 November. Dan terakhir itu kita akan melakukan doa bersama majelis taklim dan unsur-unsur masyarakat yang akan dilaksanakan di lapangan Galunggung,” ungkapnya.

Ia mengaku, dalam aksi penggalangan dana ini, pihaknya menggandeng sebuah lembaga yang diakui organisasi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu Human Invinity (HI). “Lembaga ini yang nantinya akan melakukan penyaluran bantuan. Sebab mereka memiliki perwakilan di Gaza, Palestina,” ujarnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024