Categories: DaerahkuMaluku

Warga Panik, Pulau Baru Timbul Pasca Gempa 7,5 SR di Tanimbar, Ini Kata Ahli Geologi

Share

AMBONKITA.COM,- Warga desa Teineman, Kecamatan Wuarlabobar, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, sempat dibuat panik dan takut dengan munculnya pulau baru di perairan desa itu.

Peristiwa alam ini terjadi pasca gempabumi tektonik bermagnitudo 7,5 Skala Richter yang terjadi pada Selasa (10/1/2023) pukul 02.47 WIT.

Timbulnya daratan baru yang terbentuk dari endapan lumpur itu sempat membuat warga setempat merasa khawatir dan takut.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Ahli Geologi Indonesia, Dr. Herfien Samalehu, ST, M.Eng, menjelaskan, gempabumi yang berlokasi di laut Banda pada koordinat 130,18 BT dan 7,25 LS atau berjarak sekitar 151,2 km barat laut ibu kota Saumlaki (Kabupaten Kepulauan Tanimbar), disebabkan oleh desakan pada lempeng samudera tua/slab saat subduksi yang menunjam masuk ke dalam mantel bumi.

Fenomena tersebut, kata dia, bisa menyebabkan blok yang terbentuk pada kedalaman menengah bergerak dan kemudian mengakibatkan gempabumi M7.5 dengan kedalaman 130 km tersebut.

Pulau baru yang timbul di perairan desa Teineman, kecamatan Wuarlabobar, kabupaten Kepulauan Tanimbar, yang ditemukan timbul pada Selasa (10/1/2023) pasca gempabumi magnitudo 7,5 SR di laut Banda pukul 02.47 WIT. (Foto: Istimewa)

“Yang terjadi di Tanimbar merupakan jenis gempa yang modelnya thrusting atau kita sebut sebagai patahan naik dari subduksi laut Banda. Hal ini bisa dilihat dari analisis lokasi hiposenter dan kedalamannya,” kata dia.

BACA JUGA: Gempa 7,5 SR: Ratusan Rumah Warga di Tanimbar Rusak, Dua Warga Terluka

Dikatakan, model dari jenis gempa tersebut adalah akan menyebabkan kenaikan atau uplift dan juga menyebabkan penurunan atau subsidence di sisi yang lain.

“Sebagai contoh beberapa kejadian gempa seperti di Aceh, Nias, dimana terjadi pengangkatan di sekitar Pulau Simeuleu namun terdapat pula blok yang turun atau subsidence hingga 1 meter di sepanjang garis pantai di Aceh,” jelasnya.

Gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), kata dia mencontohkan, juga mengakibatkan fenomena naiknya Pulau Lombok sebesar 25 Cm. Hal itu dilihat dari indikasi Peta Satelit yang memperlihatkan adanya kenaikan dari permukaannya. Fenomena itu bisa terjadi setelah pasca gempabumi yang menyebabkan defromasi regional.

Sampel endapan lumpur yang diambil warga. Endapan lumpur ini membentuk pulau baru di perairan desa Teineman, kecamatan Wuarlabobar, Kepulauan Tanimbar. (Foto: Istimewa)

“Sehingga dalam hal ini kenaikan daratan di Teineman merupakan blok yang naik secara keseluruhan dalam hal ini tidak berpengaruh signifikan terhadap wilayah Tanimbar,” jelasnya.

Menurutnya, fenomena daratan yang naik di desa Teineman, merupakan dampak dari gempabumi yang tidak menyebabkan bahaya ikutan (collateral hazard) berupa adanya longsoran skala massif, gerakan tanah disertai likuifaksi serta tsunami.

Ia mengaku, penemuan daratan baru itu akibat endapan lumpur bisa mengindikasikan sebuah fenomena “Mud volcano” yang terbentuk. Kendati begitu, ia mengaku masih diperlukan kajian lebih mendalam tentang hal ini di lokasi pulau tersebut.

“Kami menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan dari BPBD atau BMKG setempat. Jangan terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami,” pintanya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024

Jelang Pilkada, Yani Kubangun Ajak Media tidak Menebar Kebencian

AMBONKITA.COM,- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada), jurnalis senior Maluku, Muhammad Yani Kubangun, mengajak media…

05/18/2024

Raja Dullah Kota Tual Ajak Warga Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Rat atau Raja Dullah, Kota Tual, Bayan Renuat, menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama aparat…

05/18/2024

Calon Taruna Akpol Tes Akademik CAT, Kapolda: Tes Dipantau Langsung oleh Pengawas Eksternal dan Mabes Polri

AMBONKITA.COM,- Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) di wilayah Polda Maluku mengikuti tes Computer Assisted Test…

05/18/2024