Categories: advetorialAmbonku

1.273 Anak di Ambon Wisuda Al-Quran

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 1.273 orang anak dari 83 Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di Kota Ambon mengikuti Wisuda Al-Quran Massal yang digelar di Gedung Islamic Center, Kota Ambon, Maluku, Selasa (7/3/2023).

Wisuda Al-Quran Massal ditandai dengan pemindahan tali toga yang secara simbolis dilakukan oleh Bunda Literasi Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad. Sementara sertifikat wisuda diserahkan oleh Pejabat Wali Kota Ambon, Boedewin Wattimena.

Widya Pratiwi Murad, mengatakan, wisuda bagi para santri merupakan suatu penghargaan terhadap prestasi dan keberhasilan yang telah mereka capai. Juga sekaligus merupakan pembuktian bahwa para santri telah pandai membaca dan menulis Al-Quran.

“Teruntuk anak-anakku tercinta, jangan kalian berhenti mengaji setelah diwisuda, justru semakin rajin, istiqomah, pelajari, amalkan isi Al-Quran karena kalian akan menjadi generasi emas provinsi Maluku. Terima kasih saya sampaikan kepada bapak ibu pengasuh karena telah mendidik anak-anak dengan tulus dan ikhlas,” kata Widya.

Kepada orang tua santri, Ketua PKK Maluku ini juga mengajak agar dapat meningkatkan peran dalam membekali anak-anak dengan dasar keimanan dan akhlak mulia. Sebab, dengan dasar inilah para orang tua dapat menuntun sekaligus membentengi diri anak-anak dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan begitu, anak-anak akan mampu menjadi anak-anak yang berkualitas

“Saya berharap dengan digelarnya khatam ini akan makin meningkatkan kecintaan anak-anak kepada Al-Qur’an, sehingga dapat menjadikan mereka menjadi anak yang soleh solehah dan berakhlak mulia,” ajak Widya.

BACA JUGA: Gubernur Maluku: Alquran Penting untuk Dimaknai dan Diamalkan

Istri Gubernur Maluku ini juga menaruh harapan kepada para orang tua untuk tetap mengajak anak-anak membaca Al-Quran, mengingat pelaksanaan wisuda ini bukanlah tahapan akhir melainkan awal dari tahapan-tahapan religius selanjutnya.

“Akhirnya saya mengucapkan selamat diwisuda anak-anakku tercinta. Para santriwan-santriwati tetap terus belajar. Patuhi dan berbakti kepada orang tua. Semoga pengalaman belajar di TPQ akan bermanfaat dan menjadi kenangan berharga untuk bekal belajar kalian selanjutnya,” tutup Widya.

Di tempat yang sama, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Yamin menyampaikan, kegiatan ini berperan penting dalam upaya menumbuh-kembangkan minat baca Al-Quran dikalangan masyarakat dengan harapan agar akselerasi program pemerintah untuk membumikan Al-Quran.

“Kami berpesan, agar para santri tetap menjaga bacaannya sedangkan kepada orang tua, kami mengingatkan agar senantiasa mendampingi anak-anak untuk menjaga kelestarian bacaan Al-Qur’an mereka,” terangnya.

Sementara itu, Pejabat Wali Kota Ambon, Boedewin Wattimena, mengingatkan adanya kerjasama untuk membentengi anak-anak dari pengaruh negatif di era globalisasi dengan memperkuat nilai-nilai luhur agama. Di mana salah satunya adalah menghidupkan budaya membaca dan mengamalkan Al-Quran bagi generasi muda Islam di Kota Ambon. Mengingat Al-Quran sebagai pedoman hidup umat Islam, tentunya mengandung nilai luhur yang menuntun umatnya menuju jalan kebenaran dan kebaikan dengan akhlak mulia.

“Di sisi lain, Al-Quran juga memiliki berbagai keistimewaan tersendiri yang salah satunya sebagai sumber ilmu pengetahuan, sehingga literasi Al-Quran sebagai sebuah gerakan dan semangat yang ditanamkan pada kegiatan ini menjadi penting untuk dikenalkan kepada anak-anak muda kita sebagai generasi penerus bangsa,” kata Wattimena mengingatkan.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024