1.489 Mahasiswa Unpatti Ambon Diwisuda, Murad: Terus Tingkatkan Mutu Akademik

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 1.489 orang mahasiswa Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, diwisuda. Mereka terdiri dari Sarjana, Profesi, Magister, dan Program Studi di luar kampus utama. Seperti di kabupaten Kepulauan Aru dan Maluku Barat Daya (MBD).

Ribuan mahasiswa diwisuda melalui Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dipimpin langsung oleh Rektor Unpatti Ambon, M.J Saptenno. Wisuda digelar di auditorium Kampus Unpatti, Kota Ambon, Kamis (8/12/2022).

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Gubernur Barnabas Natanhiel Orno, mengatakan, wisuda merupakan acara puncak dan proses akhir dari suatu siklus pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan Unpatti Ambon sebagai universitas kebanggaan rakyat Maluku, terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang siap untuk diterjunkan dalam membangun daerah ini.

“Saya mengajak seluruh civitas akademika Unpatti Ambon untuk terus meningkatkan mutu akademik melalui penyelenggaraan pendidikan yang selalu responsif terhadap berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Terutama untuk menghadapi tantangan sosial ekonomi yang tidak mudah dewasa ini, apalagi kita memasuki revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi kehidupan manusia secara masif,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dua Perkara Korupsi di KPU SBB Ini Segera Disidangkan

Dalam sebuah laporan penelitian Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang prospek ekonomi digital di Indonesia, disebutkan ada beberapa sektor industri yang memiliki potensi untuk berkembang seiring perkembangan ekonomi digital. Yaitu sektor pariwisata, kebudayaan, ekonomi kreatif, pertanian dan agrologistik. Perubahan dan inovasi model bisnis serta adanya penggunaan teknologi baru dalam sektor -sektor ini, merupakan salah satu potensi yang harus menjadi orientasi dalam pengembangan pendidikan tinggi.

“Unpatti Ambon agar terus meningkatkan profesionalisme dan mengembangkan mutu pendidikan dengan melakukan inovasi ilmiah yang bermanfaat bagi pembangunan masyarakat, bangsa dan negara,” pinta Murad.

Pemerintah daerah, kata dia akan terus memberikan dukungan bagi pengembangan pendidikan sebagai bagian dari penyiapan SDM yang berkualitas. Ini agar Maluku memiliki kesiapan untuk menghadapi tantangan di masa depan.

“Untuk itu pemerintah daerah terus berupaya dan konsisten menjalankan pembangunan dengan menekankan pada peningkatan SDM sebagai prioritas utama keberlanjutan pembangunan di Maluku,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unpatti Ambon M. J. Saptenno mengingatkan para wisudawan untuk mempersiapkan diri secara baik. Persiapan menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan, dengan kondisi yang terjadi. Mengingat peran wisudawan setelah kembali ke masyarakat sangat dibutuhkan.

“Saya mengharapkan wisudawan senantiasa mampu menyesuaikan diri dengan kondisi perubahan yang terjadi, untuk memperjuangkan kemaslahatan masyarakat,” harap Rektor.

Untuk diketahui, sebanyak 1.489 mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 1.370 lulusan sarjana, 26 profesi dokter dan 93 magister.

Untuk Fakultas Hukum terdapat 138 yang diwisuda, FISIP 158, Perikanan dan Ilmu Kelautan 47, Ekonomi 249, Teknik 192, MIPA 50, Kedokteran 84, FKIP 357, Pertanian 70 dan Pascasarjana 93.

Dari jumlah tersebut terdapat sebanyak 69 wisudawan yang mendapat predikat cumlaude. Satu diantaranya Linda Luturmas asal FKIP, telah dipanggil Sang Pencipta.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024