Categories: Ambonkupendidikan

266 Mahasiswa IAIN Ambon Wisuda, Ini Pesan Gubernur Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 266 orang mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon diwisuda. 25 diantaranya wisuda program pasca sarjana.

Ratusan mahasiswa diwisuda dalam Sidang Senat Terbuka yang dipimpin Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin.

Sidang yang dihadiri Gubernur Maluku, Murad Ismail, ini digelar di auditorium Kampus IAIN, Kota Ambon, Kamis (29/12/2022).

266 wisudawan terdiri dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 72 orang, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam 55 orang, serta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 114 orang. Sementara 25 lainnya dari program pasca sarjana.

“Saya mengharapkan semua wisudawan dapat mengambil peran dalam proses pembangunan sesuai bidang keilmuan dan potensi yang dimiliki. Jadikanlah diri anda sebagai pelopor kemajuan masyarakat,” harap Murad.

IAIN Ambon sebagai kampus kebanggaan umat Islam di Maluku, kata Murad, diharapkan mampu mengembangkan kemampuan melalui iman dan taqwa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Di mana saling menyempurnakan sehingga lahir lulusan yang memiliki keunggulan komparatif di bidang masing-masing.

“Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA: Gubernur Murad Harap 2023 A.M. Sangadji Diangkat sebagai Pahlawan Nasional

Murad mengaku, sebagaimana pesan Al-Qur’an dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11 : Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Olehnya itu, Murad mengingatkan para wisudawan untuk tidak berhenti belajar.

“Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat,” ucapnya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini memberikan apresiasi dan dukungan kepada seluruh civitas akademika IAIN Ambon atas perjuangan dalam peralihan status IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

“Semoga proses alih status yang menjadi harapan kita semua dapat segera diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” harapnya.

Kepada para orang tua beserta keluarga, Gubernur Murad juga mengucapkan selamat karena telah bekerja keras untuk mendukung kesuksesan anak-anak hingga mencapai jenjang pendidikan tinggi.

Sementara itu, Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin, meminta para wisudawan agar terlibat dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“Meskipun dalam kondisi krisis seperti pandemi Covid-19, minat masyarakat mengirim anak-anaknya untuk studi di sini tetap tinggi. Dan jumlah mahasiswa yang studi di IAIN Ambon mencapai 6602 mahasiswa,” ungkapnya.

Rahawarin menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah banyak membantu IAIN Ambon sebagai bentuk komitmen terhadap pengembangan SDM di Provinsi Maluku. Ia juga memberikan apresiasi atas kerjasama dalam berbagai program pengembangan akademik dan kelembagaan.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024