Categories: AmbonkuMaluku

309 CPNS di Lingkup Pemprov Maluku Ikut Pelatihan Dasar

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 309 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Maluku dan Kota Ambon mengikuti pelatihan dasar.

Pelatihan dasar CPNS golongan III dan II itu dibuka Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie. Kegiatan berlangsung di Hall BPSDM Maluku, Kota Ambon, Selasa (11/10/2022).

Sebanyak 309 CPNS yang mengikuti pelatihan terdiri dari 118 di lingkup Pemprov Maluku, dan 191 di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Ratusan peserta ini sebelumnya telah mengikuti tes CPNS di tahun 2019 dan dinyatakan lulus. Pelatihan dasar baru diselenggarakan karena pandemi Covid-19.

Pelatihan bertujuan memberikan pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS terkait pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya. Ini agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

BACA JUGA: Tabrakan Sepeda Motor di Negeri Lama, Anak Bawah Umur Senggol Bak Truk, Tiga Luka

Sadali Ie mengatakan, sumber daya manusia (SDM) merupakan aset utama organisasi yang berfungsi sebagai penggerak dan penyelenggaraan tugas pemerintah. Oleh karena itu, pondasi dasar reformasi birokrasi seutuhnya harus dimulai dari pengelolaan manajemen SDM aparaturnya.

Menurutnya, peserta CPNS perlu menjalani masa percobaan melalui proses pelatihan dasar dan terintegrasi. Ini untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme, kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi.

“Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan apa yang didapat dalam pelatihan ini di lingkungan kerja masing-masing, dengan mengedepankan kode etik ASN yang berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif,” pinta Sadali.

Sebagai informasi, pembukaan pelatihan dihadiri Penjabat Wali kota Ambon Bodewin Wattimena, Kepala BPSDM Maluku Hadi Sulaiman, Kadispora, Sandi Wattimena dan undangan lainnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024