Categories: AmbonkuEkonomi

Bantuan Bagan Apung di Morela Diresmikan Penjabat Sekda Maluku

Share

AMBONKITA.COM,- Penjabat Sekda Maluku, Sadali Ie meresmikan bagan apung fiberglass di Negeri Morela, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (11/10/2022).

Bagan apung itu merupakan bantuan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku bersama Kodam XVI/Pattimura. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ekonomi masyarakat subsistensi.

Peresmian bagan apung dirangkai dengan kegiatan pendampingan dan pelatihan kepada kelompok nelayan Lawamena Haulala yang merupakan masyarakat Negeri Morela.

Selain bantuan bagan apung, BI Maluku juga melakukan penyelebrasian pengembangan kelompok subsistensi (Masyarakat Berpenghasilan Rendah, masyarakat lintas kelompok, kelompok rentan) – pentas seni adat, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan Cinta, Bangga, Paham (CBP) – kas keliling Bank Indonesia.

Sadali Ie, saat membacakan sambutan Gubernur Maluku, Murad Ismail, menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BI Maluku atas bantuannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, melalui bantuan program ekonomi masyarakat.

“Penyerahan bantuan ini, sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antara pemerintah daerah provinsi Maluku bersama TNI, Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku, Unpatti Ambon dan seluruh pemangku kepentingan, dalam pengembangan potensi kelautan dan perikanan di provinsi Maluku khususnya di Negeri Morella,” kata Murad.

BACA JUGA: Konflik Tapal Batas Lahan, Ini Kata BPN dan Polda Maluku

Mantan Dankor Brimob Polri ini mengaku Maluku memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang meliputi potensi perikanan tangkap, budidaya dan potensi yang terdapat pada wilayah pesisir serta pulau-pulau kecil.

Potensi itu, lanjut Murad, merupakan tumpuan harapan pemerintah daerah untuk menempatkan sektor kelautan dan perikanan sebagai sektor unggulan yang diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi, serta menurunkan angka kemiskinan dan menyerap tenaga kerja.

Murad berharap sinergi dan kolaborasi seperti ini, antara pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan di daerah terus ditingkatkan dalam upaya membangun daerah.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Bakti Artanta, mengatakan, pengembangan kawasan terintegrasi di Negeri Morela dilakukan untuk mendorong peningkatan kapasitas kelompok nelayan.

Artanta juga menyampaikan, ikhtiarnya, karena salah satu sumber inflasi bisa saja terjadi di sektor perikanan, meskipun Maluku merupakan wilayah potensi perikanan yang besar.

“Inilah yang menjadi alasan prioritas, kenapa kami memberikan kontribusi di sektor perikanan melalui pengembangan dengan bantuan bagan apung, agar produktivitas nelayan bisa dikembangkan yang berdampak terhadap peningkatan nelayan dan perekonomian desa, bahkan bisa membantu penyediaan stok ikan di Maluku khususnya kota Ambon,” tutup Artanta.

Di tempat yang sama, Kasdam XVI/Pattimura, Brigjen TNI Asep Abdurachman, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dan mendukung terealisasinya penyerahan bantuan program sosial Kantor BI Maluku.

Ia meminta agar masyarakat, khususnya para nelayan dapat meningkatkan kepedulian terhadap pengelolaan hasil kekayaan alam Maluku, dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal, yang dapat memberikan manfaat dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Saya minta kepada kelompok nelayan, bisa memanfaatkan dan merawat Bagan Apung ini dengan sebaik-baiknya, agar mampu menopang ekonomi masyarakat,” pungkas Kasdam.

Pada kesempatan itu, Penjabat Sekda Maluku menyerahkan bantuan kepada perwakilan Kelompok Nelayan Lawamena Haulala, berupa kapal untuk menarik bagan apung dan speedboat berukuran 12×1,5 meter, mesin kapal 40 PK, 6 ball tali jangkar ukuran 22 mm, 30 buah Cool Box dan jaring tangkap.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Berkas Pencalonan Bupati Buru Azis Hentihu Diterima PKS, PDIP, Gerindra dan PAN

AMBONKITA.COM,- Bakal Calon (Balon) Bupati Buru, Azis Hentihu, mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar di…

05/05/2024

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024