Categories: AmbonkuHeadline

4 Rumah dan Enam Motor Warga Terbakar di Benteng

Share

AMBONKITA.COM,- Kebakaran hebat melanda kawasan Bima, Jalan Gajah Benteng Atas RT 002 RW 01, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, Jumat (15/12/2023).

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 11.00 WIT ini menyebabkan 4 unit rumah warga dan enam sepeda motor ludes terbakar. Yaitu milik keluarga Julius Apolo Ritho (rumah kos-kosan) yang didalamnya berisi 6 unit sepeda motor serta rumah Emilia Ritho, Marthen Ritho, dan Erwin Gondeng.

“Terdapat dua unit kios (tempat jualan) juga ikut terbakar,” kata Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Janete S. Luhukay kepada AmbonKita.com.

Menurut keterangan sejumlah saksi, kebakaran itu diketahui setelah warga setempat melihat kepulan asap yang keluar dari lantai dua rumah bekas kos-kosan milik Julius Apolo Ritho.

Peristiwa ini kemudian disampaikan warga kepada lelaki 54 tahun tersebut. Julius kala itu sementara duduk di dalam kiosnya. Ia kemudian keluar dan melihat ke atas bangunan bekas kos-kosannya. Saksi lalu berteriak meminta pertolongan warga.

BACA JUGA: 3 Terdakwa Narkotika Jaringan Lapas Ambon Divonis Bersalah

“Saksi meminta pertolongan dari warga sekitar untuk mengevakuasi barang barang berharga dari dalam kios dan berusaha untuk memadamkan kobaran api menggunakan alat seadanya,” kata Luhukay.

Upaya warga sekitar memadamkan api dengan alat seadanya tidak membuahkan hasil. Api semakin membesar hingga merembet membakar rumah-rumah tetangga.

“Personil Polsek Nusaniwe yang dipimpin Kapolsek Iptu Johan Anakotta tiba di TKP dan langsung membantu warga memadamkan api dengan alat seadanya. Personel juga melakukan evakuasi barang – barang berharga dari kios Billi dan kios Ida,” tambahnya.

Beruntung, kejadian ini tidak menimbulkan jatuhnya korban jiwa. Hanya saja, tercatat sebanyak 4 rumah warga, dua kios, dan enam unit sepeda motor ludes terbakar.

Penyebab kebakaran juga belum diketahui pasti. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat terjadinya hubungan arus pendek listrik (korsleting).

“Kerugian materil akibat kebakaran itu diperkirakan berkisar satu miliar rupiah,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Kasus Korupsi Dana Desa Haya Rugikan Negara Rp1,9 M, Mantan KPN & Dua Bendahara Tersangka

AMBONKITA.COM,- Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Maluku Tengah menetapkan tiga orang Tersangka kasus dugaan korupsi…

05/16/2024

Kapolda Inginkan Pembangunan Barak Dalmas Dapat Meningkatkan Kinerja Personel untuk Masyarakat

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif melakukan peletakan batu pertama pembangunan Barak Personel Dalmas…

05/16/2024

Siboalamo Siap Ambil Alih Blok Migas Bula

AMBONKITA.COM,- Kabupeten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu-satunya daerah penghasil minyak bumi di Maluku yang sudah…

05/16/2024

Jelang Purna Bakti, Kabid Humas Polda Maluku Pamit ke Wartawan

AMBONKITA.COM,- Dua bulan lagi, Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat purna tugas…

05/16/2024

Pemilik Emas Illegal yang Ditangkap di Ambon Terancam Penjara 4 Tahun

AMBONKITA.COM,- Terdakwa Azan, pemilik emas sebanyak 4 keping seberat 420,43 gram yang diduga ilegal terancam…

05/15/2024

Pelatihan Videografer & Fotografer, Kapolda Sebut Bidhumas sudah Bertransformasi

AMBONKITA.COM,- Bidang Humas Polda Maluku melaksanakan kegiatan pelatihan video grafer dan foto grafer kepada para…

05/15/2024