Categories: AmbonkuMaluku

40 Ton Komoditas Tuna Maluku Diekspor ke Vietnam dan Thailand

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 40 ton komoditas ikan tuna diekspor dari Kota Ambon, Maluku, ke dua negara tetangga yaitu Vietnam dan Thailand.

Ekspor oleh PT. Harta Samudera dari pelabuhan Yos Sudarso Ambon ini dilepas secara langsung oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail, Selasa (27/12/2022).

Pelepasan ekspor turut dihadiri Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, Sekda Maluku Sadali Ie, Ketua TGPP Maluku Hadi Basalama dan sejumlah pimpinan BUMN/BUMD.

Komoditas tuna yang diekspor yaitu Frozen Tuna Fillet (Tuna Beku) seberat 15 ton senilai USD 100.000. Kemasan ini diekspor ke Ho Chi Min, kota terbesar di Vietnam. Kemasan lainnya yaitu 25 ton Tuna Ekor Kuning Beku senilai USD 200.000. Kemasan ini di ekspor ke kawasan industri Lat Krabang di Thailand.

Kedua direct export komoditas perikanan Maluku ini, dilepas bersamaan dengan komoditas pertanian dan kehutanan sebanyak dua kontainer.

Gubernur Murad dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PT. Pelindo dan pihak terkait, sebagai bentuk sinergitas yang baik sehingga keinginan meningkatkan pertumbuhan ekonomi provinsi Maluku melalui peningkatan ekspor komoditas unggulan terutama sektor kelautan dan perikanan dapat diwujudkan.

BACA JUGA: Parade Kebaya hingga Kampanye Anti Kekerasan Warnai Hari Ibu di Ambon

Mengenai peresmian Maluku Inovation Export Center dan Direct Export (MIC-DE) Murad menegaskan bukan seremonial semata, tetapi harus terus berkelanjutan untuk waktu mendatang.

Hal tersebut merupakan upaya percepatan hilirisasi komoditi ekspor unggulan, dengan dukungan kehadiran investor lokal maupun mancanegara untuk berinvestasi di Maluku.

“Saya berharap agar Direct Export semacam ini dapat juga dilaksanakan melalui pintu keluar lainnya seperti Kota Tual dan Dobo,” harapnya.

Murad berharap Pelindo dapat mendukung kesiapan infrastruktur bongkar muat pada pelabuhan-pelabuhan dimaksud.

“Saya minta para Bupati-Walikota segera mengambil peran sesuai kewenangannya, guna mewujudkan Direct Export pada masing-masing wilayah,” pintanya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Hadi Basalama, mengatakan, peresmian MIC-DE ini merupakan tindak lanjut percepatan peningkatan ekspor Maluku.

“Ini bertujuan untuk menciptakan gerakan percepatan pelayanan dari seluruh OPD, sehingga memberikan iklim usaha dan inovasi yang kondusif bagi para eksportir dan pengusaha terkait SKA Disperindag, PEB, Bea Cukai, HC Karantina Perikanan dan Pertanian, OSS-PTSP dan JOB Slipp (Kartu Eksport),” kata Hadi.

Sebagai informasi, selain kegiatan ekspor Ikan Tuna ke Vietnam dan Thailand, Gubernur juga meresmikan Rumah Kurasi UMKM untuk membantu produk UMKM yang akan di standar dari sisi kualitas dan desainnya untuk kepentingan eksport. Rumah kurasi ini difasilitasi oleh BI, OJK Dinas Koperasi, Disperindag dan Dinas PTSP.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024