5 Hari Dirawat, Kondisi Walikota Ambon Membaik

Share

AMBONKITA.COM,- Kondisi Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan Istri serta satu anaknya semakin membaik setelah menjalani perawatan medis di  RSUP dr. Johanes Leimena Ambon sejak dinyatakan positif terpapar Covid-19, per 25 Juli 2021 lalu.

Menurut Direktur Utama RSUP dr. Johanes Leimena Ambon, dr. Celestinus Eigya Munthe, kondisi Walikota terus membaik dalam perawatan di rumah sakit milik negara ini. 

“Pak Walikota dan keluarga sudah lima hari dirawat bersama istri dan anaknya satu ruangan, kondisinya sudah membaik,”katanya  saat diwawancarai di RSUP Ambon, Minggu (1/8/2021) sore.

Dokter Munthe yang juga pencinta motor gede ini menjelaskan jika dalam 10 hari perawatan gejala Covid  hilang, maka sudah bisa dinyatakan sembuh tanpa perlu dilakukan pemeriksaan secara Rapid Test Antigen maupun PCR. ”Indikasi sembuh itu jika gejala hilang,”jelasnya.

“Sepuluh hari ini bapak akan menjalani isolasi di rumah sakit kita,  jika setelah 10 hari gejala hilang, maka Pak Walikota sudah layak dinyatakan sembuh tanpa perlu dilakukan PCR atau Rapid Test,” katanya.

Ini sesuai peraturan revisi kelima Pedoman Pencegahan dan  Pengendalian Coronavirus disesase (COVID-19) Kemenkes RI yakni, Dalam hal pemeriksaan follow up RT-PCR tidak dapat dilakukan, maka pasien kasus konfirmasi dengan gejala berat/kritis yang dirawat di rumah sakit yang sudah menjalani isolasi selama 10 hari sejak onset dengan ditambah minimal 3 hari tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan, dinyatakan selesai isolasi, dan dapat dialihrawat non isolasi atau dipulangkan.

“Seusai peraturan revisi yang kelima. Jadi kita tidak lagi bergantung pada hasil PCR tetapi 10 hari setelah lepas dari gejala sudah langsung sembuh, sudah sembuh bisa kembali beraktivitas,”tandasnya.

Dokter Munthe berharap perawatan lima hari ke depan, kondisi Walikota dan keluarga semakin baik sehingga bisa langsung dipulangkan. ”Kita tunggu lima hari lagi ya,” kata Munthe.

Joy Adriaansz Juru bicara Satgas C-19 Kota Ambon, kepada Ambonkita.com, Senin 2/8/2021) pagi juga memastikan kondisi Walikota Ambon dan keluarga  semakin membaik. ”Belum bisa kontak beliau, tapi sudah dapat kabar, kondisi pak wali terus membaik, doakan ya,” pinta Joy.

Seperti diinformasikan sebelumnya, setelah kontak erat dengan sopirnya yang sudah lebih dulu terpapar C-19, Walikota, istrinya dan satu anaknya langsung melakukan tes PCR dan dinyatakan positif. ketiganya langsung melakukan perawatan di RSUP Leimena. (*)

Recent Posts

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024

Hukum Adat Kei untuk Keadilan Korban Kekerasan Seksual

Fauziah A Ngabalin AMBONKITA.COM,- Dalam Kitab Hukum Adat Masyarakat Kepulauan Kei, Provinsi Maluku, memiliki aturan…

05/19/2024

KKP Amankan Kapal Ikan Asing Berbendera Rusia di Laut Arafura

AMBONKITA.COM,- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan satu Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Rusia di…

05/19/2024

Miliki 13 Paket Narkotika Tiga Pemuda di Ambon Diringkus

AMBONKITA.COM,- Aparat Direktorat Reserse Narkoba Polda Maluku mengamankan tiga orang pemuda secara terpisah di kota…

05/19/2024

Puluhan Calon Taruna Akpol Maluku Tes CAT Penalaran Numerik dan Wawasan Kebangsaan

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 54 orang Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) Panda Maluku, menjalani tes Computer…

05/18/2024

Buruh Bangunan di Ambon Diparangi OTK

AMBONKITA.COM,- Muhamad Amin Notanubun, seorang buruh bangunan diparangi orang tak dikenal (OTK) di pangkalan ojek…

05/18/2024