5 Konsep Pendidikan Ini Harus Dikembangkan Sekolah Islam Terpadu

Share

AMBONKITA.COM,- Sekolah Islam Terpadu yang tersebar di Provinsi Maluku, saat ini menjadi model pendidikan kekinian.

Di tengah perubahan globalisasi, pengelola pedidikan dituntut mengembangkan program moderasi beragama.

Proses pendidikan harus mengajarkan kecintaan pada tanah air, menghargai dan saling menghormati antar umat beragama.

“Guru dan anak didik harus mencintai tanah air. Kita harus tanamkan kepada peserta didik, untuk menghargai perbedaan keyakinan agama, dan bahwa mencintai tanah air adalah bagian dari pada iman,” kata Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Yamin, saat menjadi keynote speaker atau pembicara utama dalam Kegiatan Gebyar Muswil Ke-3 Wilayah Maluku tahun 2022 dan Pelatihan Pendidikan tenaga Kependikan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Maluku, Minggu (6/3/2022).

Menurut Yamin, pendidikan adalah proses transformasi ilmu atau transformasi nilai untuk memberikan nilai kepada manusia dan kemanusian. Untuk itu terdapat 5 konsep yang digulirkan.

Pendidikan Islam dikembangkan, memberi nilai dan kemampuan seseorang atau peserta didik untuk memimpin kehidupannya sesuai dengan cita-cita dan nilai-nilai Islam yang telah menjiwai kepribadiannya.

“Ilmu Pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak pihak-pihak yang ikut terlibat baik secara langsung atau tidak langsung,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ada lima konsep dasar yang saat ini dikembangkan di seluruh satuan pendidikan. Pertama, integritas Pendidikan Islam harus mampu menciptakan atau melahirkan alumni yang memiliki integritas.

Proses pengajaran dalam pendidikan Islam, tidak hanya sebatas transformasi keilmuan atau mengajarkan learning knowlagde learning to do, akan tetapi siswa madrasah harus memahami betul tentang eksistensi dia sebagai manusia dengan integritas yang baik.

Kedua, humanity atau proses pendidikan harus mampu menampilkan nilai-nilai kemanusiaan. Setiap proses pengajaran jangan sampai menjadi beban tersendiri bagi anak didik.

“Jangan kita bebani anak didik kita dengan hal yang di luar kemampuan mereka. Sebab esensi dari humanisme adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya sesuai porsinya. Humanisme menjadi penyeimbang dari konsep integritas,” jelas Yamin.

Ketiga, sprituality. Artinya, pendidikan melahirkan manusia yang memiliki nilai-nilai spiritual. Aktivitasnya selalu diniatkan sebagai ibadah. Ibadah dalam menyiapkan generasi berintegritas yang akan mengisi peradaban mendatang.

Keempat, Adaptability. Di mana kemampuan manusia untuk menyelaraskan diri dan berdialog dengan lingkungan strategis di sekitarnya, tanpa kehilangan identitasnya.

Adaptasi harus menjadi kekuatan untuk memahami, bahwa sebuah lembaga pendidikan harus menghadirkan anak zaman, dalam konteks pendidikan, dinamika zaman hari ini adalah kebutuhan kita terhadap penguasaan teknologi.

“Orang yang hebat pada hari ini adalah orang yang mampu membaca masa depan dengan baik. Guru yang hebat akan mampu melahirkan anak didik yang akan bisa menguasai zamannya,” sebutnya.

Kelima, lanjut Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku ini, adalah Nationality. Proses pendidikan harus mengajarkan kecintaan pada tanah air. Itu adalah bagian dari batang tubuh seorang manusia dan lembaganya. Guru dan anak didik harus mencinai tanah air. Kita harus tanamkan kepada peserta didik, bahwa mencintai tanah air adalah bagian dari pada iman.

Ilmu Pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak pihak-pihak yang ikut terlibat baik secara langsung atau tidak langsung. Objek ilmu pendidikan Islam ialah situasi pendidikan yang terdapat pada dunia pengalaman.

Pendidikan adalah proses transformasi ilmu atau transformasi nilai untuk memberikan nilai kepada manusia dan kemanusiaan.

Kepada seluruh tenaga pendidik di JSTI yang tersebar di Provinsi Maluku, Yamin mengharapkan agar untuk terus belajar meningkatkan kualitas. Orang yang terus belajar adalah pemilik peradaban masa depan.

“Eksistensi belajar adalah eksistensi kehidupan kita, berhentinya belajar artinya kita berhenti dalam kehidupan,” pungkasnya.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Ketua AMKEI Ajak Warga Kei Bantu Jaga Kamtibmas

AMBONKITA.COM,- Ketua DPW Angkatan Muda Kei (AMKEI) Provinsi Maluku, Efendi Notanubun, mengajak seluruh masyarakat Kei…

05/02/2024

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024