5 Pucuk Senpi, Puluhan Granat dan Munisi Diserahkan Warga, Ini Kata Pangdam Pattimura

Share

AMBONKITA.COM,- Sebanyak 5 pucuk senjata api (senpi) rakitan laras panjang, puluhan buah bahan peledak jenis granat, puluhan butir munisi dan belasan magasen diserahkan warga kepada Satgas Kodim Maluku Utara (Malut), Yonif Raider Khusus 732/Banau.

Penyerahan barang-barang mematikan dari warga secara sukarela tersebut, merupakan hasil pembinaan teritorial, dan pendekatan yang terus dilakukan secara humanis semenjak bertugas selama kurang lebih 5 bulan.

Puluhan benda berbahaya, diduga peninggalan perang ini diserahkan warga desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai. Warga menyerahkan kepada salah satu anggota satgas, Praka Muhammad Ali di Pos Ramil Daruba, Minggu (6/3/2022).

Benda berbahaya yang diterima Praka Muhammad Ali berupa 5 butir munisi (4 butir munisi kaliber 7,62 mm, dan 1 butir munisi kaliber 12,7 mm), granat cincin 7 buah dan granat tangan tipe 97 sebanyak 15 buah.

Sebelumnya, satgas Kodim Malut, Yonif RK 732/Banau juga menerima 5 pucuk senpi rakitan laras panjang, 284 butir munisi campuran berbagai kaliber, 22 buah granat (7 granat cincin, 15 granat tangan tipe 97), dan 46 buah magazen.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, mengapresiasi masyarakat yang secara sadar dan sukarela menyerahkan senjata, munisi maupun bahan peledak yang selama ini tersimpan.

“Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada masyarakat karena telah mau menyerahkan senjata dan munisi kepada kami. Hal ini tentunya tidak terlepas karena adanya kedekatan dan kepercayaan masyarakat kepada aparat kewilayahan,” kata Richard melalui rilis yang diterima dari Pendam Pattimura, Senin (7/3/2022).

Orang nomor 1 TNI AD di Provinsi Maluku dan Maluku Utara ini mengajak aparat kewilayahan untuk selalu dekat dengan masyarakat, tempat dimana mereka bertugas.

“Pelihara dan jaga kedekatan dengan masyarakat, bantu mereka bila mendapat kesulitan,” pintanya.

Jenderal bintang 2 TNI itu menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut dan ragu-ragu untuk menyerahkan senjata atau munisi yang masih tersimpan.

“Kami berharap dan menghimbau kepada masyarakat yang saat ini, mungkin masih memiliki senjata api maupun munisi, agar mau menyerahkan kepada kami, kepada Babinsa, ataupun personil Satgas Koramil terdekat. Kami akan sangat berterima kasih karena telah membantu dalam menjaga keamanan dan kenyamanan serta meminimalisir hal- hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, benda-benda berbahaya tersebut selanjutnya diserahkan kepada satuan berkompeten untuk ditangani sesuai SOP.

Editor: Husen Toisuta

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024