979 Napi Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan, Termasuk Teroris dan Korupsi

Share

AMBONKITA.COM,- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku mengusulkan remisi kemerdekaan 17 Agustus 2022 kepada sebanyak 979 orang narapidana. Remisi yang diusulkan termasuk napi kasus teroris dan korupsi.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku, Saiful Sahri, mengatakan, remisi yang diusulkan terdiri dari remisi umum I atau pemotongan masa tahanan sebagian atau tidak langsung bebas sebanyak 972 orang. Sementara remisi umum II atau langsung bebas pada 17 Agustus nanti 7 orang.

“Usulan remisi umum HUT RI Tahun 2022 itu sebanyak 979 orang dengan rincian remisi umum I atau remisi umum sebagian atau tidak langsung bebas sebanyak 972 orang dan remisi umum II atau remisi seluruhnya yang saat itu pada tanggal 17 Agustus bebas sebanyak 7 orang,” kata Saiful, Kamis (11/8/2022).

Sebanyak 7 orang napi yang diusulkan mendapat remisi langsung bebas, kata mantan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ambon itu berasal dari Lapas Perempuan Ambon dan Lapas Saumlaki.

BACA JUGA: Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Maluku Nyatakan Perang Terhadap HP

“6 orang lapas perempuan itu terdiri dari 3 orang mendapat remisi umum II dengan besaran remisi atau pemotongan masa tahanan sebanyak 1 bulan, dan 3 orang mendapat pemotongan masa tahanan 2 bulan dan langsung pulang hari itu juga sebanyak 1 orang. Sementara 1 napi dari lapas Saumlaki dengan besar remisi atau pemotongan masa tahanan 1 bulan,” sebutnya.

Selain remisi umum II, ratusan napi yang mendapat remisi umum I diantaranya; pemotongan masa tahanan 1 bulan sebanyak 152 orang, 2 bulan 165 orang, 3 bulan 293 orang, 4 bulan 208 orang, 5 bulan 138 orang dan 6 bulan sebanyak 16 orang. Sementara remisi umum II dengan potongan 1 bulan sebanyak 4 orang dan 2 bulan 3 orang.

Remisi umum yang diusulkan juga terdapat kasus-kasus tertentu seperti napi teroris 3 orang, narkotika 103 orang, korupsi 8 orang, kejahatan kepada keamanan negara 1 orang, ilegal fishing 2 orang dan ilegal traficking 1 orang.

“Jadi mereka yang menjadi perhatian khusus ini sudah melewati persyaratan khusus. Misalnya yang teroris sudah melaksanakan ketaatan dan sumpah ikrar dengan NKRI, korupsi sudah memiliki justice collaborator sudah bayar denda dan uang pengganti, sehingga syarat menjadi peraturan menteri terkait dengan napi khusus sudah dipenuhi sehingga mereka berhak mendapatkan besaran remisi,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, usulan resmi kemerdekaan sudah disampaikan tinggal menunggu penetapan Menteri Hukum dan HAM yang selanjutnya diserahkan secara virtual dan kewilayahan oleh Gubernur kepada perwakilan napi di lapangan merdeka Ambon.

Untuk diketahui jumlah keseluruhan warga binaan pemasyarakatan di Maluku yakni sebanyak 1603 orang. Narapidana sebanyak 1.278 orang dan tahanan 325 orang.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Indosat Siap Perkuat Transformasi Menuju AI Native TechCo

AMBONKITA.COM,– PT Indosat Tbk (“Indosat” atau “IOH” atau “Indosat Ooredoo Hutchison” atau “Perseroan”) mencatat pencapaian…

05/21/2024

Kapolda: Polri Siap Wujudkan Pilkada Maluku 2024 yang Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, mengaku pihaknya siap bersinergi dengan instansi…

05/20/2024

Jantje Wenno Ingin Wakil Wali Kota Ambon dari PPP

AMBONKITA.COM,- Bakal calon wali kota Ambon, Jantje Wenno, menginginkan wakilnya berasal dari Partai Persatuan Pembangunan…

05/20/2024

Harkitnas 2024, Kapolda: Momentum untuk Bangkit Bangun Maluku

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku melaksanakan upacara peringatan hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 di lapangan Letkol…

05/20/2024

Didampingi Syarif Hadler, Sam Latuconsina Daftar di PPP, Sebut Maluku Biasa-biasa Saja

AMBONKITA.COM,- Muhammad Armin Syarif Latuconsina atau biasa disapa Sam mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur…

05/20/2024

Bendum PPP Siap Terima Amanah Partai untuk Maju Pilkada Kota Ambon

AMBONKITA.COM,- Bendahara Umum DPC PPP Kota Ambon Fidya Elly memantapkan niatnya untuk maju bertarung di…

05/19/2024