Categories: AmbonkuHukum Kriminal

Persoalan Istri Mantan Danyon A Satbrimobda Maluku Jangan Bawa Nama Kesatuan

Share

AMBONKITA.COM,- Polda Maluku menyesalkan pemberitaan yang mencatut nama Kapolda Maluku dan Kapolri terkait persoalan pribadi antara dua ibu Bhayangkari, salah satunya yakni terlapor MT, mantan istri Danyon A Pelopor Satbrimobda Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengatakan, terlapor MT kini berada di Kalimantan Timur mengikuti suaminya Alex Tobing yang dilantik sebagai Kapolres Bontang, Kota Balikpapan.

“Itu kan permasalahan pribadi antara mereka ibu Bhayangkari (MT dan CF), tidak ada sangkut pautnya dengan suaminya (MT), kemudian juga tidak ada sangkut pautnya dengan kesatuan,” tegas Kombes Rum dalam keterangannya di Ambon, Selasa (2/1/2024).

Kasus itu sudah dilaporkan ke Propam Mabes Polri yang kemudian ditindak lanjuti oleh Propam Koorbrimob Polri. Sejumlah pihak terkait sudah dimintai keterangan. Dari hasil penyelidikan dan gelar perkara terakhir tanggal 13 Juni 2023, masalah itu adalah persoalan pribadi antara kedua ibu Bhayangkari itu.

“Jadi hasil gelar perkara di Propam Koor Brimob Mabes Polri itu tidak ada keterkaitan maupun sangkut pautnya dengan Alex Tobing di situ, sehingga kepada Aleks Tobing tidak bisa untuk dimintai pertanggung jawabannya baik disiplin, etik maupun pidana,” kata Rum.

Propam Koorbrimob pun sudah berupaya mempertemukan kedua ibu Bhayangkari ini untuk dimediasi, namun hasilnya buntu. Meski begitu, Ibu MT telah mengakui pernah memakai uang milik CF. MT bersedia menggantikannya sesuai bukti yang dimiliki. Namun hal itu ditolak CF dengan alasan jumlah uang miliknya yang digunakan MT ratusan juta, tapi hal itu tidak diakui oleh MT.

Persoalan ini, juga sudah diadukan CF ke Polda Maluku. Kapolda juga sudah memerintahkan Irwasda dan Dansat Brimob untuk menyelidiki, dan hasilnya pun sama. Masalah ini merupakan persoalan pribadi antara ibu MT dan CF tanpa diketahui atau melibatkan suami MT yaitu Alex Tobing.

BACA JUGA: 2.556 Gempabumi Guncang Maluku di Tahun 2023

Terkait masalah antara MT dan CF walaupun keduanya adalah ibu Bhayangkari, tapi status mereka adalah warga sipil, sehingga hanya bisa diproses melalui proses pidana apabila perbuatan tersebut memenuhi unsur pidana.

Lebih lanjut Kombes Rum menjelaskan, dalam laporan CF ke Propam Mabes Polri, juga ditembuskan ke beberapa pihak termasuk Bareskrim Polri. Bareskrim pun sudah melimpahkan hal tersebut kepada Ditreskrimum Polda Maluku dan sementara diselidiki. Namun, Ditreskrimum sudah mengirimkan undangan sebanyak 2 kali kepada CF di rumahnya, tapi justru yang bersangkutan tidak pernah datang memenuhi undangan tersebut.

“Jadi laporan pengaduan ke Mabes Polri tanggal 6 Juli 2023. Kemudian pelimpahan ke Krimum Polda Maluku tanggal 3 Agustus yang diterima tanggal 24 Agustus 2023. Kemudian dilakukan mindik lidik tanggal 20 September, SP2HP tanggal 20 September, kemudian surat undangan kesatu dan kedua tanggal 16 dan 26 Oktober 2023. Komunikasi terakhir dengan Pelapor tanggal 30 Oktober 2023 dimana hasil komunikasi pelapor menunggu petunjuk dan konfirmasi dari PH (Penasehat Hukum) baru bisa datang memberikan Keterangan. Jadi terhambatnya proses penyelidikan oleh Krimum adalah dari ibu CF sendiri,” jelasnya.

Terkait persoalan pribadi keduanya yang sementara masih dalam proses penyelidikan, Juru Bicara Polda Maluku ini menyayangkan CF yang sudah berbicara di media dengan mencatut nama Kapolda maupun Kapolri. Padahal, persoalan pribadi mereka telah jelas sudah disampaikan kalau tidak ada keterlibatan suami MT atau mantan Danyon A Pelopor tersebut.

“Yang menjadi prihatin kita ini masalah masih ditangani dan Ibu CF sudah diundang 2 kali oleh Krimum, namun yang bersangkutan tidak hadir, namun dia malah berkoar-koar ke mana-mana seolah-olah ada keterlibatan Bapak Kapolda maupun Bapak Kapolri yang berusaha untuk melindungi Alex Tobing,” sesalnya.

Kombes Rum menegaskan, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, selalu merespon setiap keluhan dan pengaduan masyarakat secara proporsional dan ditangani secara obyektif sesuai aturan hukum yang berlaku.

Editor: Husen Toisuta

BACA BERITA TERKINI AMBONKITA.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Recent Posts

Nobar Film Glenn Fredly The Movie, Kapolda: Esensi Film Ini Kita Jaga Kedamaian di Maluku

AMBONKITA.COM,- Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, didampingi pejabat utama Polda Maluku melakukan…

05/08/2024

Ketua KPU Temui Kapolda Maluku, Ini yang Dibicarakan

AMBONKITA.COM,– Ketua KPU Provinsi Maluku, Muh. Shadhek Fuad, menemui Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif…

05/07/2024

Wanita di Ambon Ini Dihukum Empat Tahun Penjara karena Narkotika

AMBONKITA.COM,- Katherina Tawaerubun, Terdakwa kasus peredaran narkotika di kota Ambon dihukum pidana penjara selama empat…

05/07/2024

Kapolda Berikan Penghargaan Kepada Pengurus dan Pendidik di YKB Maluku

AMBONKITA.COM,- Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, menghadiri syukuran peringatan hari ulang tahun ke 44…

05/07/2024

DPRD Maluku Gelar Rapat Paripurna Penyerahan LHP BPK Atas Laporan Keuangan Pemda Provinsi 2023

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menggelar rapat paripurna untuk penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa…

05/06/2024

Ungkap Penyelundupan Senpi dan Amunisi, Kapolsek KPYS Bersama Anggotanya Dapat Penghargaan

AMBONKITA.COM,- Kapolsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS) Ambon, AKP. Julkisno Kaisupy bersama sejumlah anggotanya mendapatkan…

05/06/2024