Categories: AmbonkuMaluku

AKDP “Curi” Penumpang, Ratusan Sopir Angkot Ambon Gelar Aksi Mogok

Share

AMBONKITA.COM- Ratusan sopir mobil penumpang Angkutan Kota (Angkot) jurusan kecamatan Teluk Ambon dan Baguala, menggelar aksi mogok di Underpass Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Selasa (26/10/2021).

Aksi mogok dilakukan sebagai bentuk protes terhadap mobil Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), khususnya jurusan Hattu, Alang dan Liliboy, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

AKDP dinilai telah merugikan sopir Angkot Ambon. Sebab, tak hanya mengangkut penumpang jurusan Hattu, Alang dan Liliboy saja, mereka juga “mencuri” penumpang jurusan angkot Laha, Hatiwe Besar, Wayame, Waiheru, Passo, dan sekitarnya.

“Katong (kami) sudah pernah tegur (agar tidak angkut penumpang Angkot Ambon) tapi dong (mereka) justru mau pukul katong,” kata salah satu sopir angkot kepada AmbonKita.com, Selasa (26/10/2021).

Senada, Paulus Nikijuluw, Ketua Umum Asosiasi Sopir Angkutan Kota (ASKA) Ambon, mengaku selama lebih dari setahun pihaknya telah meminta Dinas Perhubungan Provinsi Maluku agar untuk AKDP memiliki terminal transit di Ongkoliong, Desa Batu Merah, Kota Ambon.

“Selama ini kami dari sopir-sopir angkot Ambon menuntut Kadis Perhubungan Provinsi agar persoalan AKDP bisa masuk di dalam terminal ongkoliong (Desa Batu Merah), tapi tidak pernah direalisasi,” kata dia kepada AmbonKita.com.

Menurutnya, karena keinginan para sopir tidak diindahkan, sehingga aksi mogok terpaksa dilakukan. Harapannya Dinas Perhubungan Provinsi dapat mengabulkan keinginan mereka.

“AKDP tidak bisa masuk belakang soya, dia harus masuk underpass, masuk Terminal ongkoliong sesuai dengan Perda,” jelasnya.

Di sisi lain, Paulus juga mengakui pihaknya merasa sangat dirugikan dengan sikap para sopir AKDP yang sewenang-wenang.

“Iya, mereka juga mengangkut penumpang angkot Ambon sehingga sangat merugikan kami,” pungkasnya.

Pantauan AmbonKita.com, ratusan mobil angkot jurusan kecamatan Teluk Ambon, dan Baguala Ambon tampak parkir di sisi kanan dan kiri ruas jalan jenderal Sudirman.

Angkot terparkir panjang dari Underpass Sudirman hingga depan Markas Brimob Polda Maluku. Aparat kepolisian tampak mengatur arus lalulintas agar tidak terjadi kemacetan.

Aksi mogok digelar sejak pukul 10.00 WIT. Hingga pukul 12.00 WIT satu persatu mobil angkot mulai meninggalkan lokasi aksi.

Sementara itu, petugas dinas perhubungan juga mulai mengarahkan mobil AKDP untuk melintas Underpass menuju Terminal Ongkoliong.

PENUMPANG MARAH

Sejumlah penumpang angkot jurusan Laha tampak marah-marah saat mobil yang ditumpanginya dihentikan para sopir di Underpass Sudirman.

Para penumpang yang berada di dalam angkot terpaksa turun untuk mengganti mobil angkot lainnya.

“Kami minta maaf ibu, memang sopir yang salah. Padahal dia sudah tahu kalau katong mau biking aksi ini,” kata seorang sopir yang mencoba meredakan amarah salah satu ibu saat turun dari mobil.

Para sopir juga menghentikan mobil lain untuk para penumpang yang diturunkan dari mobil angkot berwarna merah tersebut.

Hingga pukul 12.50 WIT, para petugas Dinas Perhubungan masih mengatur jalur AKDP agar melintas Underpass Sudirman menuju Terminal Ongkoliong.

 

Penulis: Husen Toisuta

Recent Posts

Buruh Gelar Syukuran dan Dialog, Peringatan May Day di Maluku Aman dan Damai

AMBONKITA.COM,- Tidak seperti di daerah lainnya yang melakukan aksi unjuk rasa, peringatan hari buruh internasional…

05/01/2024

Kandidat Wali Kota Ambon Jantje Wenno Resmi Daftar di PDIP

AMBONKITA.COM,- Jantje Wenno, bakal calon Wali Kota Ambon, melalui utusannya resmi mendaftar di DPC PDIP…

04/30/2024

Trafik Data dan Jumlah Pelanggan Indosat di Maluku Meningkat

AMBONKITA.COM,- Indosat mencatat terjadi peningkatan trafik data yang signifikan sebesar 27,1% pada kuartal pertama tahun…

04/30/2024

Kepemimpinan Murad – Orno Dinilai DPRD Maluku “Gagal”

AMBONKITA.COM,- DPRD Provinsi Maluku menilai duet kepemimpinan Gubernur Murad Ismail dan Wakil Gubernur Barnabas Orno…

04/30/2024

Penjabat Gubernur Maluku Temui Kapolda

AMBONKITA.COM,- Penjabat Gubernur Provinsi Maluku, Sadali Ie, melakukan kunjungan silaturahmi ke Kepala Kepolisian Daerah Maluku…

04/30/2024

DPRD Maluku Temui Kepala BNN RI Bahas Masalah Narkotika

AMBONKITA.COM,- Anggota DPRD Provinsi Maluku yang dipimpin langsung oleh Ketua Benhur G. Watubun, menemui Kepala…

04/30/2024